Sukses

6 Cara Membuat Anak Lebih Percaya Diri

Berikut adalah beberapa cara membuat anak lebih percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki anak yang percaya diri adalah keinginan semua orangtua. Mereka pasti ingin anaknya tidak menjadi pemalu, terutama saat sudah memasuki usia sekolah. Untuk itu, berbagai tips cara membuat anak lebih percaya diri pun banyak dicari para orangtua.

Menjadi orangtua memang bukan perkara mudah. Mendidik anak-anak merupakan tanggung jawab sekaligus tantangan tersendiri.

Sebagai orangtua, tentu Anda akan kebingungan jika anak Anda dilanda rasa kurang percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya.

Tapi, jangan cemas, berikut akan kami berikan cara membuat anak lebih percaya diri. Dilansir dari todaysparent.com, berikut ini 6 hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anak:

1. Mundur selangkah dan mulai dari awal

Tidak ada salahnya untuk mundur selangkah dan memulai kembali membangun rasa percaya diri anak. Hal ini dapat Anda mulai dengan membantunya menjadi seseorang yang memiliki kompetensi sebagaimana yang ia sukai.

Anda dapat melanjutkannya dengan membiarkan anak Anda mengambil resiko atas apa yang ia lakukan, belajar menentukan pilihan-pilihan dan menyelesaikan masalah serta bertanggung jawab apa yang telah ia lakukan.

2. Jangan puji anak Anda secara berlebihan

Rasa percaya diri muncul dari perasaan merasa dicintai dan adanya rasa aman. Memuji anak dapat membuat mereka merasa dicintai dan dengan begitu akan dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam dirinya.

Namun, memuji anak secara berlebihan ternyata bukan lah hal yang baik karena justru akan membuat anak tidak mengetahui dirinya yang sebenarnya. Puji lah anak Anda sewajarnya, maka rasa percaya diri anak pun akan tumbuh dengan baik.

Klik halaman selanjutnya untuk ketahui cara membuat anak lebih percaya diri lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biarkan mereka mengambil risiko

3. Biarkan anak Anda belajar mengambil risiko

Hal ini dapat mulai dengan menjauhkan diri ketika anak Anda sedang melakukan atau mengerjakan suatu hal. Biarkan anak Anda mengambil risiko dan merasakan kegagalan kecil. Justru itu lah tugas Anda sebagai orangtua untuk mendidik anak mengenai risiko yang sehat.

4. Biarkan anak belajar memilih dan membuat sendiri keputusannya

Ketika anak-anak membuat sendiri pilihan-pilihan yang tepat pada usianya, mereka akan merasa lebih percaya diri. Selain itu, membuat sendiri pilihan-pilihan dalam kehidupan sehari-hari akan membuat anak belajar bertanggung jawab atas pilihan yang ia buat.

5. Biarkan mereka membantu Anda membereskan isi rumah

Dalam membangun rasa percaya diri, anak-anak juga membutuhkan kesempatan untuk membuktikan dan menunjukkan kemampuan yang ia miliki. Kesempatan ini lah yang harus selalu disediakan oleh Anda sebagai orangtua. Misalnya dengan membiarkan mereka membantu Anda memasak, memberesakan meja makan atau merapikan tempat tidurnya sendiri.

Dengan menunjukkan dan membuktikan kemampuannya, anak Anda akan merasa bahwa ia memberikan kontribusi yang berharga dan dengan demikian rasa percaya dirinya juga akan meningkat.

6. Semangati anak Anda selalu

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk terus meningkatkan rasa percaya diri pada anak adalah dengan selalu menyemangatinya. Ketika anak Anda sedang melakukan sesuatu yang ia senangi, pastikan Anda selalu menyemangatinya sehingga ketika ia mencapai sesuatu yang diinginkannya, ia akan selalu merasa didukung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.