Sukses

Hindari 5 Hal Ini Saat Beri Edukasi Seks pada Anak

Sudah siapkah Anda memberikan edukasi seks pada anak?

Liputan6.com, Irlandia Sering kali, orang tua menganggap bahwa memberikan informasi mengenai seks kepada buah hati adalah hal yang memalukan dan tabu. Namun, menurut para psikolog yang berbasis di Wexford, Irlandia, mengatakan bahwa pengajar edukasi seks terbaik bagi anak adalah orang tua mereka sendiri.

Berdasarkan penelitian, terdapat sejumlah faktor yang mengharuskan orang tua untuk segera mempertimbangkan edukasi seks pada anak. Ini dilakukan ketika anak sudah mulai mencari tahu apa yang mereka ketahui dan apa yang ingin mereka ketahui mengenai seks. Jangan anggap mereka sudah tahu batasan mana saja yang tepat.

Mulailah untuk mengedukasi seks kepada anak-anak, bahkan sebelum mereka menginjak masa remaja. Jangan kunci komunikasi Anda dengan anak-anak mengenai hal ini. Selain itu, jangan pula melakukan hal-hal ini:

1. Jangan menceramahi anak-anak

2. Jangan terlalu khawatir dengan rasa malu Anda. Anda maupun sang buah akan mereka canggung ketika membahas hal ini. Jadi, tanamkan dalam pikiran bahwa sangat membutuhkan informasi ini.

3. Jangan terlalu banyak atau cepat memberikan informasi seks pada anak. Biarkan ia mencerna secara bertahap.

4. Jangan Menghindar untuk menjawab pertanyaan mereka.

5. Jangan percayai apa yang mereka ketahui atau sudah lakukan begitu saja.

Demikian yang dilansir dari Independent, Kamis (8/1/2015). Jadi, sudah siapkah Anda memberikan edukasi seks pada anak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.