Sukses

5 Langkah Redakan Pilek pada Anak

Bantu si Kecil hadapi pilek lebih cepat dengan lima langkah berikut.

Liputan6.com,London Pilek merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak. Jika pada orang dewasa bisa sakit pilek 2-4 kali per tahun, anak-anak bisa lebih dari 10 kali.

Pilek disebabkan karena infeksi virus yang berdampak pada hidung, tenggorokan dan sinus. Biasanya, hal ini bukanlah sesuatu yang serius dan bisa reda sendiri. Namun, Anda para orang tua bisa bantu meredakan pilek pada anak agar lebih cepat reda dengan lima langkah berikut yang diungkapkan oleh dokter umum asal London, Rob Hicks seperti dilansir laman NHS, Kamis (8/1/2015).

1. Perbanyak anak beristirahat dan pastikan banyak minum air, disarankan air hangat.0

2. Pilek biasanya disertai gejala hidung tersumbat yang akan membuatnya tak nyaman karena kesulitan bernapas. Pada saat tidur coba tinggikan bantal ini memungkinkan lendir yang terjebak dalam hidung keluar. Namun cara ini tidak diperkenankan bagi anak kurang dari satu tahun.

3. Obat cair parasetamol maupun ibuprofen dapat membantu meringankan demam pada anak. Pastikan berikan sesuai petunjuk dosis pada kemasan.

4. Saat mandi, pakai air hangat. Hal ini bantu meringankan hidung tersumbat sehingga bernapas lebih lega.

5. Pastikan suhu ruangan tidak dingin maupun panas untuk membuatnya nyaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.

    Pilek

Video Terkini