Sukses

Melahirkan di Rumah atau Rumah Sakit, Lebih Baik Mana?

Melahirkan lebih baik di mana? Rumah apa rumah sakit?

Liputan6.com, Jakarta Menurut pedoman baru yang dikeluarkan National Health Service (NHS) wanita yang ingin melahirkan secara normal dianjurkan melakukan proses persalinan di rumah daripada harus di rumah sakit. Alasannya, bila dilakukan di RS, memungkinkan dokter untuk melakukan proses persalinan melalui metode caesar.

National Institute for Health and Care Excellence (NICE) yang merupakan badan resmi dan memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan nasihat mengenai kesehatan, mengatakan, 90 persen dari wanita yang berniat melahirkan melalui proses normal, akan menjalani proses pembedahan yang justru tidak diharapkan sama sekali, seperti forceps dan caesar.

"Sangat sulit menjelaskan mengapa kondisi ini terjadi. Tapi, ketika Anda berada di rumah sakit, semakin besar pula kemungkinan Anda menerima perawatan di rumah sakit, serta intervensi untuk dibedah," kata Head of Clinical Practice di NICE, Mark Baker, seperti dikutip Asia One, Kamis (8/1/2015).

Tapi, semua itu dikembalikan lagi kepada masing-masing individu. Memang, beberapa wanita lebih memilih untuk melahirkan di rumah karena merasa lebih aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.