Sukses

Apapun Olahraganya, Wanita Wajib Pakai Sport Bra

Wanita kenakan sport bra saat olahraga apapun jenis olahraganya.

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang gemar berolahraga sebaiknya mengenakan bra olahraga (sport bra), terlepas dari seberapa ukuran payudara Anda. Ini menjadi salah satu cara mencegah payudara memantul dan kendur.

Seorang wanita berusia 32 tahun yang tak disebutkan namanya itu ditegur pelatihnya saat ngegym. Menurut si pelatih, ia harus mengenakan sport bra apapun jenis olahraganya.

Pendapat pelatih tersebut memang tepat. Perempuan sangat penting memakai bra olahraga terlepas dari ukuran payudaranya atau jenis latihan yang dilakukan.

Seperti dilansir Health.India, Kamis (8/1/2015), penelitian di University of Portsmouth menyebutkan, ketika wanita berolahraga payudaranya memantul 21 sentimeter (cm) dan hampir 20 persen perempuan menderita nyeri payudara setelah olahraga yang intens.

Pada dasarnya, ketika Anda berolahraga, payudara Anda bergerak di tiga arah, atas dan bawah, ke dalam dan keluar, dan dari satu sisi ke sisi lainnya. Ini membuat payudara Anda mendapat banyak tekanan.

Gerakan ini memberikan tekanan pada otot-otot dinding dada dan bisa menyebabkan nyeri pada payudara, membuat wanita merasa sakit setelah Anda latihan. Semakin besar payudara Anda, rasa sakitnya semakin buruk karena payudara yang lebih besar tekanannya lebih ke bawah.

Terlebih lagi, payudara sangat sensitif dan tidak memiliki otot atau ligamen di dalamnya. Satu-satunya dukungan yang mereka miliki adalah ligamen yang sangat halus.

Saat berolahraga, payudara Anda cenderung memantul dan beratnya bisa meregangkan ligamen dan menyebabkan kendur permanen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja Bra Olahraga



Cara Kerja Bra Olahraga

Bra olahraga dirancang untuk meminimalisir gerakan payudara ketika wanita berolahraga. Ini bisa melindungi payudara dan otot-otot di bawahnya dari kerusakan dan kendur.

Wanita yang mencari bra yang baik, temukan bra yang cukup ketat untuk menjaga payudara Anda dari pantulan tapi cukup longgar sehingga Anda bisa bernapas.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah membeli bra yang terbuat dari bahan yang menyerap dan dibuat sesuai dengan intensitas latihan Anda.

Sebagai panduan, apabila Anda ingin lari, pilihlah bra olahraga dengan intensitas tinggi untuk mendukung payudara Anda selama latihan yang banyak gerakan menghentak.

Bra olahraga intensitas sedang diperuntukkan wanita yang tak perlu banyak melompat. Jadi latihan seperti Zumba, latihan kekuatan, atau berolahraga di gym membutuhkan bra seperti ini.

Sedangkan bra olahraga dengan intensitas rendah diperlukan bagi mereka yang berolahraga lantai. Bra ini akan membuat payudara ada di tempatnya dan juga ada bantalan di sepanjang punggung untuk menghindari ketidaknyamanan selama latihan berbaring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini