Sukses

Ikan Mas Mungil Ini Harus Dioperasi Karena Sembelit

Seorang pria menghabiskan Rp 5 juta untuk mengoperasi ikan mas mungil yang sembelit.

Liputan6.com, Jakarta Seorang penyayang binatang akan melakukan apapun untuk hewan peliharaannya. Termasuk ketika si hewan sakit. Seperti yang dilakukan pria di Inggris, yang berusaha menyelamatkan nyawa ikan masnya yang sembelit.

Pria itu membawa hewan mungil itu ke dokter hewan di Toll Barn Veterinary Centre, Norfolk, untuk meringankan ketidaknyamanan ikan mas yang berjuang untuk mengeluarkan kotorannya. Si pria yang tak disebutkan namanya itu berharap si ikan kesayangan bisa berenang bahagia lagi di kolam di kantornya.

Usai pemeriksaan menyeluruh, petugas memberitahukan si ikan harus menjalani operasi senilai 300 Poundsterling atau Rp 5,7 juta agar nyawanya bisa diselamatkan. Awalnya, pria itu menolak. Tapi, ia langsung berubah pikiran. Sekitar 10 menit kemudian, ikan mas dibawa ke ruang operasi.

"Masalahnya ikan itu tak bisa buang air besar dan itu akhirnya menjadi beracun dan akan mati," jelas Faye Bethell, Dokter Hewan berusia 29 tahun, seperti dilansir Telegraph, Kamis (8/1/2015).

Bethell membutuhkan waktu selama 50 menit dan harus berhati-hati saat memberikan anastesi. Ia juga menggunakan peralatan kecil untuk membuang benjolan di bagian belakang ikan.

Sang dokter menjelaskan, hewan sebesar tiga inchi itu bisa pulih total usai operasi setelah 50 menit. Tapi, ikan bisa mati jika tak diobati.

"Saya tak pernah melakukan prosedur seperti itu pada ikan mas, meskipun saya telah melakukan sebelumnya pada ikan yang lebih mahal, ikan Carp. Operasi sebenarnya cukup mudah, tapi pemberian anastesi yang cukup rumit," kata Bethell.

Menurut Bethell tak ada yang istimewa dengan si ikan namun si pemilik begitu menyayanginya.

Anastesi Ikan

Sebelum dianastesi, agen anastesi dengan hati-hati diukur di dalam air dan kemudian dikeluarkan dari tangki serta ditempatkan pada tempat tahan air sebelum anastesi diberikan.

Anastesi ini diberikan dengan memasukkannya ke dalam mulut ikan melalui tabung. Sebuah monitor denyut jantung miniatur digunakan untuk memeriksa bahwa ikan sudah terbius dengan baik sebelum dua benjolann di sirip punggung diangkat dengan pisau bedah yang kecil.



Setelah selesai operasi, Bethell menjahit bagian yang dipotong dengan masing-masing tiga jahitan dan menggunakan lem khusus untuk menutupi sisik ikan dengan yang tahan air.

Si ikan kemudian diserahkan kembali kepada pemiliknya.

Ikan mas bisa hidup selama 10 tahun, dan si ikan yang dioperasi itu usianya 2 tahun 10 bulan.

Faye Bethell mengungkapkan bahwa pada tahun lalu dia telah melakukan serangkaian operasi aneh, termasuk pengangkatan tumor kulit 12g pada ular sepanjang dua inchi.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.