Sukses

5 Bahaya yang Terkandung dalam Semangkuk Acar

Acar enak, bukan? Tapi acar memiliki dampak bagi kesehatan kita

Liputan6.com, Jakarta Acar yang kerap disajikan sebagai tambahan di sejumlah makanan khas Indonesia dapat menambah rasa menjadi lebih enak. Tapi, tahukah bahwa acar yang terbuat dari sayuran seperti wortel, mentimun, bawang merah, dan cabai hijau ini tidak menyehatkan?

Karena kebanyakan acar di Indonesia terbuat dari minyak, garam, atau cuka yang berguna sebagai pengawet akan berdampak buruk bagi kesehatan, meski disantap dalam jumlah yang sedikit.

Berikut ini sejumlah masalah kesehatan yang akan dihadapi ketika menyantap acar, seperti dikutip Boldsky, Selasa (6/1/2015);

1. Kencing manis

Acar terkadang terbuat dari gula yang bertindak sebagai pengawet. Untuk pengidap diabetes, dianjurkan untuk menghindari acar seperti ini karena dapat memparah kencing manis yang dimilikinya.

2. Tingkat trigliserida tinggi

Acar buruk bagi kesehatan, karena semua bahwan pengawet ada di dalamnya. Dengan begitu, dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh. Setiap jenis minyak yang digunakan dalam membuat acar bisa menjadi penyebab kondisi ini.

3. Masalah pencernaan

Mengonsumsi acar dalam jumlah yang cukup banyak membuat perut menjadi kembung dan tidak nyaman. Dengan bgitu dapat memengaruhi lapisan dari sistem pencernaan yang dapat menyebabkan diare.

4. Darah tinggi

Asupan garam yang cukup tinggi dapat menyebabkan terjadinya lonjakan tekanan darah. Ketika Anda memiliki keluarga dengan riwayat darah tinggi, ada baiknya menghindar.

5. Maag

Karena acar memiliki asam dengna kadar yang lumayan tinggi, hati-hati terhadap kondisi maag.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.