Sukses

5 Langkah Terhindar dari Penyakit Jantung

Mau terhindar dari penyakit jantung? Lakukan langkah sederhana ini

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu dengan jumlah kematian hampir 17,1 juta jiwa di seluruh dunia setiap tahun menurut data World Health Organization. Namun dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, World Heart Federation mengatakan kita dapat terhindar dari penyakit jantung hampir 80 persen.

Selain menghindari pencetus penyakit jantung seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, berikut ini sejumlah tindakan dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung, seperti dikutip dari Health Me Up, Selasa (5/1/2015) ; 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan aktivitas gerak



1. Hindari obesitas dengan melakukan aktivitas gerak

Obesitas merupakan faktor risiko dari penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Dengan rutin melakukan aktivitas gerak, maka kita dapat terhindar dari obesitas, yang secara otomatis dapat menghindari kita dari penyakit jantung.

2. Diet sehat

Lakukanlah diet sehat dengan mengonsumsi buah-buahan seperti pisang yang dikemas dengan jumlah mineral cukup besar, yang dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Selain itu, bila terbiasa mengonsumsi makanan yang digoreng, ubahlah dengan memanggang, merebus, atau mengukus makanan yang akan disantap.

Jika ingin mengonsumsi makanan yang sedikit minyak, gunakanlah minyak zaitun.

3 dari 3 halaman

Kendalikan stres



3. Kendalikan stres

Belajarlah untuk lebih santai dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bila Anda stres, cobalah untuk melakukan yoga atau mendengarkan musik, agar tubuh dapat mengadopsi hal-hal baik.

4. Hindari konsumsi alkohol

Alkohol adalah pemicu utama untuk penyakit jantung. Pastika juga bahwa Anda mengonsumsi alkohol tidak lebih dari satu gelas setiap harinya.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung. Bila asap rokok masuk ke dalam tubuh, dapat mengurangi tingkat HDL dan membuat darah menjadi beku. Selain itu, jantung dapat menyempit karena terjadi penumpukan plak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

Video Terkini