Sukses

Sedang Sedih? Coba 4 Cara Instan Capai Kebahagiaan

Daripada terus menerus dilingkupi perasaan negatif, segera alihkan rasa sedih dengan empat cara berikut.

Liputan6.com, New York Ketika ada hal yang berjalan tidak sesuai rencana, perasaan sedih akan melanda. Itu hanya satu sebab dari aneka penyebab kesedihan dalam kehidupan manusia. Meskipun kesedihan bagian dari salah satu perasaan yang normal di alami manusia, jika dirasakan berkepanjangan tentu tak akan baik.

Daripada terus menerus dikungkung dengan perasaan negatif, lebih baik buang jauh rasa sedih dengan empat cara berikut seperti dilansir dari laman grandparents, Senin (5/1/2015).

1. Coba untuk merasa bahagia

Banyak tersedia pilihan lagu-lagu bertempo cepat dengan lirik bahagia, coba dengarkan lagu-lagu tersebut saat sedih sedang melanda. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Positive Psychology usai mendengarkan lagu bertempo cepat kemudian mencoba membuat dirinya bahagia hasilnya memang muncul rasa lebih bahagia dibandingkan mereka yang hanya sekedar mendengarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dengarkan suara alam

2. Dengarkan suara alam

Jika sedang merasa sedih, coba lebih peka terhadap kondisi alam. Tak perlu Anda ke taman atau hutan, coba dengarkan suara rekaman alam seperti gesekan batang, daun, bunyi burung berkicau. Berdasarkan studi dari Pennsylvania State University cukup dengan mendengarkan rekaman suara alam tiga menit usai menonton video yang mengganggu pikiran bisa mengubah pikiran mereka.

3. Berbuat baik untuk orang lain

Usai Anda berbuat baik yang membahagiakan atau membantu orang lain apa rasanya? Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science, membelikan sesuatu untuk orang lain meski dengan harga murah bisa membuat Anda bahagia.

4. Ke luar ruangan, dapatkan sinar matahari

Tak perlu berlama-lama, sebentar saja merasakan sinar matahari bisa membuat emosi jadi lebih tenang dan damai. Studi di tahun 2011 menjelaskan bahwa paparan sinar matahari berkorelasi dengan berkurangnya depresi pada seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.