Sukses

Anak TK Cukup Minum 2 Gelas Susu per Hari

Jika berlebihan minum susu membuat anak malah kegemukan.

Liputan6.com, New York- Banyak orangtua yang merasa puas ketika buah hatinya bisa menghabiskan bergelas-gelas susu. Namun, minum susu ada batasannya lho. Menurut penelitian terbaru di Amerika Serikat, anak usia empat tahun yang minum tiga atau lebih gelas susu per hari bisa sedikit mendorong tinggi badan namun cenderung membuatnya kelebihan berat badan alias obesitas.

Menurut para peneliti yang terlibat dalam studi terhadap 9000 anak-anak ini, dua gelas susu per hari sudah cukup bagi anak usia empat tahun.

"Kami sangat terkejut dengan indeks massa tubuh anak-anak usia empat tahun yang minum susu dengan jumlah banyak," terang pemimpin penelitian ini sekaligus dokter anak di  University of Virginia di Charlottesville, dr. Mark DeBoer.

"Melihat hasil data tingginya obesitas pada anak, kami merekomendasikan anak-anak usia empat tahun untuk minum dua porsi susu per hari untuk mencegah kenaikan berat badan yang tentunya tidak sehat seperti yang diungkapkannya kepada Reuters Health seperti dikutip laman Huffington Post, Senin (5/1/2015).

Penelitian ini memeriksa bagaimana pola konsumsi susu 8.950 anak selamat empat tahun pertama dengan cara mewawancarai orangtua. Penelitian ini kemudian meneliti 7.000 anak usia lima tahun.

Hasilnya sekitar 53 persen anak-anak minum susu lebih dua hingga tiga gelas susu per hari. Lalu, 16 persen diantaranya merupakan anak usia empat tahun yang memiliki berat badan berlebih.

Penelitian serupa yang pernah dilakukan seorang dokter anak dan peneliti dari St. Michael's Hospital Toronto, dokter Jonathon Maguire pun selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh DeBoer. Penelitian yang dilakukan oleh Maguire menyatakan bahwa dua gelas susu per hari cukup untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D dan zat besi untuk anak-anak. "Susu adalah sumber kalor dan lemak penting bagi anak-anak, tapi jika berlebihan mengonsumsinya bukan hal baik," ungkapnya

"Sehingga studi ini menekankan bahwa dua gelas susu per hari sudah ideal untuk pertumbuhan anak serta menghindari masalah kesehatan berat badan berlebih," tambah Maguire.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini