Sukses

Cara Meninggikan Badan untuk Anak dan Remaja

Meninggikan badan harus dimulai sejak dini. Berikut adalah cara meninggikan badan untuk anak-anak hingga remaja.

Liputan6.com, Jakarta Remaja cenderung akan lebih memperhatikan penampilan fisik mereka, termasuk untuk urusan tinggi badan. Sebab, banyak orang yang memimpikan tinggi badan yang ideal dan tubuhnya saat itu dirasa belum ideal.

Pertumbuhan tinggi badan memang akan terhenti pada usia tertentu. Pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh lempeng efifisis di ujung tulang. Saat lempeng efifisis menutup, maka saat itu pula pertumbuhan tinggi badan terhenti.

Perempuan diketahui akan lebih cepat terhenti pertumbuhan tinggi badannya. Pertumbuhan maksimal untuk perempuan akan terhenti maksimal pada usia 19 tahun dan pria pada usia maksimal 21 tahun.

Untuk itu, saat anak-anak hingga remaja adalah waktu yang penting untuk memaksimalkan tinggi badan. Berikut adalah beberapa cara meninggikan badan untuk anak-anak dan remaja seperti dilansir dari lama waysgrotallerfaster.com pada Minggu (4/1/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Meninggikan Badan

1. Cukup tidur

Beberapa penelitian membuktikan bahwa tubuh manusia dapat tumbuh secara maksimal saat tidur. Tidur membuat sel-sel tubuh dan jaringan regenerasi bekerja secara efektif, termasuk pertumbuhan tinggi badan.

Bagi anak-anak dan remaja, waktu ideal untuk tidur adalah 7 jam, sementara untuk orang dewasa idealnya memerlukan waktu 6-7 jam.

2. Makan protein, zat besi dan kalsium

Makanan yang tepat secara signifikan dapat mempengaruhi tinggi badan. Makanan yang mengandung protein, zat besi dan kalsium baik untuk pertumbuhan tinggi badan tersebut.

Beberapa makanan yang mengandung protein, zat besi dan kalsium adalah telur, daging sapi, ikan, susu, keju, sayuran hijau, kacang kedelai, tahu dan jeruk. Usahakan agar makanan-makanan ini selalu terhidang di meja makan keluarga. 

3. Olahraga rutin

Cara ampuh lainnya untuk meninggikan berat badan adalah dengan berolahraga secara teratur. Hal ini penting dibiasakan bahkan sejak kanak-kanak. Apalagi, dengan menjamurnya gadget saat ini membuat anak-anak semakin jarang bergerak, apalagi berolahraga. 

Beberapa olahraga yang dapat meninggikan badan adalah sprint atau lari cepat dalam lintasan yang pendek, menendang, melompat, bersepeda, berenang dan lompat tali. Lakukan beberapa olahraga ini agar pertumbuhan tulang semakin cepat. Untuk anak-anak, tentu olahraga ini harus dalam pengawasan orang tua. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini