Sukses

Langkah Mudah Jalankan Resolusi Makan Sehat 2015

Lima cara makan sehat sepanjang 2015. Tak sulit, hanya butuh konsistensi.

Liputan6.com, New York- Banyak di antara kita yang memasukkan hidup sehat sebagai salah satu resolusi di tahun 2015 ini. Sudahkan Anda menjalankannya? Salah satu poin penting dalam menjalani gaya hidup sehat adalah makan makanan sehat.

Ahli Gizi asal Amerika Serikat, Joy Bauer, memberi contekan apa saja yang bisa dilakukan secara nyata untuk jalani  pola makan sehat. Tak perlu muluk-muluk, Baur memberikan lima aksi nyata yang bisa dijalankan sepanjang tahun agar tubuh mendapatkan makanan sehat. Dilansir dari NY Daily News, Sabtu (3/1/2015) berikut pemaparan jalani hidup sehat dengan langkah sederhana bagi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-3

1. Tambahkan sayur dan buah setiap kali makan

"Satu hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah memasukkan produk makanan sehat setiap kali makan," terang Bauer.
Buah dan sayur merupakan makanan yang rendah kalori namun memiliki nilai gizi untuk tubuh. Selain itu, kaya antioksidah yang mampu mencegah kerusakan sel.

2. Masak seminggu 3 kali

"Ada banyak lemak yang masuk ke tubuh secara tidak disadari saat makan di luar rumah. Ketika Anda memasak sendiri di rumah, Anda dapat mengontrol bahan makanan serta kandungan lain yang dapat membuat tubuh tetap sehat," tekan Bauer.

3. Berolahraga setengah jam per hari

Tak perlu lama-lama, berolahraga setengah jam setiap hari sudah bisa memberikan manfaat besar bagi kebugaran tubuh. Menurut Bauer, olahraga setiap hari berdampak pada pilihan makanan sehat yang Anda konsumsi pada hari tersebut.

Bauer menekankan tak perlu jadi anggota klub olahraga berharga mahal untuk bisa berolahraga. Cukup dengan berjalan kaki setiap pagi, aktif bergerak selama jeda iklan, atau berlari di sekitar kompleks rumah bersama binatang peliharaan juga bisa.

3 dari 3 halaman

4-5

4.  Pilih snack sehat

Godaan keripik dan makanan manis-manis untuk snack rasanya memang enak di lidah, tapi Bauer mengingatkan sekitar 25 persen kalori yang masuk tubuh berasal dari cemilan.  Pastikan memilih cemilan tidak lebih dari 200 kalori dan mengandung protein dan serat agar merasa kenyang.

5. Jika gagal menjalani resolusi, maafkan diri Anda

"Kita adalah manusia yang tidak bisa sempurna, termasuk dalam melakukan hal tersebut. Yang terpenting ketahui kesalahan dan maafkan diri Anda," ungkapnya.

Jika mengonsumsi lebih banyak makanan, coba untuk lebih lama berolahraga keesokan hari dan kembali jalani resolusi sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini