Sukses

Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Alami

Berikut adalah cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami. Biayanya murah sekaligus mudah untuk melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta Bekas luka dapat timbul karena banyak hal, misalnya karena jerawat ataupun kecelakaan. Bekas luka tidak hanya mempengaruhi penampilan fisik tetapi juga secara signifikan dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Karena itu, banyak orang yang ingin mengetahui cara menghilangkan bekas luka tersebut. 

Tentu saja, banyak cara modern yang dapat dilakukan, misalnya dengan cara perawatan laser ataupun dengan cara dermabrasi. Tetapi, beberapa bahan alami ternyata dapat membantu menghilangkan bekas luka tersebut.

Kelebihan menghilangkan bekas luka dengan bahan alami tentu saja tidak ada efek samping yang dihasilkan dan biaya yang lebih murah. Meskipun begitu, harus diingat bahwa bahan alami ini tidak bisa menghilangkan bekas luka sepenuhnya. Yang dapat dilakukan oleh bahan alami adalah memudarkan bekas luka.    

Jika bekas luka terlalu parah, maka pengobatan modern bisa lebih efektif. Pengobatan modern untuk menghilangkan luka dibantu dengan bahan-bahan alami adalah formula terbaik.

Berikut cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami seperti yang dikutip dari New Health Guide, Sabtu (3/1/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mentimun

Mentimun

Pertama, olah mentimun menjadi pasta mentimun. Caranya, kupas kulit mentimun dan buang biji di dalamnya. Potong kecil-kecil. Kemudian, sediakan telur dan pisahkan antara putih dan kuningnya. Blender mentimun sampai halus dan campurkan dengan putih telur. Pasta mentimun pun selesai dibuat.

Cara menggunakannya, Anda tinggal mengoleskan pasta tersebut ke bekas luka selama kurang lebih 20 menit. Cuci bekas luka dengan air dingin. Lakukan secara teratur.

3 dari 5 halaman

Lemon

Lemon

Alpha hydroxy acids (AHA) yang berada dalam lemon merupakan zat yang dapat membantu mempercepat sel mati dan mempercepat pertumbuhan sel baru.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengolesi cairan lemen ke bekas luka menggunakan cotton bud. Cuci bekas luka dengan air setelah 10 menit. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka pada jerawat.

4 dari 5 halaman

Madu

Madu

Saat ini beberapa ahli kecantikan merekomendasikan madu sebagai bahan yang dapat menghilangkan bekas luka. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh madu, 1 sendok makan oatmeal dan sedikit air. Setelah itu, oleskan madu dengan gerakan melingkar pada bekas luka hingga madu menghilang.

5 dari 5 halaman

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal ampuh untuk berbagai penyakit kulit dan penyubur rambut. Selain itu, lidah buaya juga berguna untuk menghilangkan bekas luka.

Cara menggunakannya cukup sama dengan bahan-bahan lain. Anda hanya perlu untuk mengoleskan cairan lidah buaya yang pada kulit bekas luka. Lakukan setidaknya 2 kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini