Sukses

Ibu yang Melahirkan Anak Kembar, Hidup Lebih Lama

Meskipun mengurusi banyak hal pada awalnya, ibu yang memiliki anak kembar akan hidup lebih lama.

Liputan6.com, London- Memiliki anak kembar baik kembar dua, tiga, maupun empat memang membuat tugas ibu menjadi berlipat ganda. Jika ibu yang melahirkan anak satu hanya perlu menyusui satu bayi, ibu beranak kembar harus memberikan ASI kepada anak lainnya. Tapi, Anda para ibu beranak kembar tak perlu sedih, fakta gembiranya para ibu ini akan hidup lebih lama dibandingkan ibu yang melahirkan anak satu.

Hal ini diketahui oleh para peneliti asal Amerika Serikat tepatnya para peneliti dari University of Utah. "Perempuan yang melahirkan anak kembar faktanya hidup lebih lama dan lebih subur," terang salah satu peneliti Dr Shannen Robson seperti dilansir Daily Mail pada Jumat (2/1/2015).

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B melakukan analisis terhadap 60.000 wanita di negara bagian Utah yang lahir antara tahun 1807 hingga 1899 yang hidup lebih dari 50 tahun dan memiliki satu anak. Terdapat 4.600 partisipan merupakan ibu yang melahirkan kembar.

Hasilnya, secara rata-rata ibu yang memiliki anak kembar hidup 7,6 tahun hidup lebih lama dibandingkan yang melahirkan anak satu. Para peneliti mengatakan hal ini terkait dengan tubuh bugar para ibu beranak kembar.

Data lain terkuak juga, ibu dengan anak kembar bisa melahirkan pada usia lebih tua dan memiliki anak lebih banyak. "Kesehatan tubuh alami yang dimiliki oleh ibu dapat membuatnya memiliki anak kembar, dan ternyata ini berpengaruh terhadap umur panjang seseorang," terang salah satu peneliti Profesor Ken Smith.

Ditambahkan oleh manajer keanggotaan Twins and Multiple Births Association, Debbie Ross mengungkapkan bahwa anak-anak kembar akan membawa kebahagian saat tumbuh besar. Dalam berbagai penelitian disebutkan bahwa rasa bahagia memang mampu membuat hidup lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.