Sukses

5 Risiko Berlatih Gunakan Treadmill

Inilah bahaya yang mengintai pelaku olahraga ketika beraktivitas di treadmill

Liputan6.com, Jakarta Melakukan olahraga di atas treadmill menjadi pilihan bagi individu yang ingin melakukan aktivitas fisik berupa jalan cepat atau lari di luar ruangan, namun kondisinya tidak memungkinkan.

Berjalan di treadmill memiliki banyak keuntungan, salah satunya membakar kalori lebih cepat. Namun, harus diketahui juga bahwa melakukan aktivitas fisik di treadmill memiliki sejumlah masalah.

Berikut masalah yang akan dihadapi ketika melakukan aktivitas di atas treadmill, seperti dikutip Health Me Up, Jumat (2/1/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1



1. Kondisi lutut

Jangan lupakan pemanasan bila tak ingin mengalami nyeri sendi dan tendon selama berlatih di treadmill. Karena selama di treadmill kaki tidak dapat diistirahatkan, berisiko pada banyaknya tekanan pada lutut.

2. Masalah punggung

Berjalan di atas treadmill cenderung lebih lama dan intens, dapat meningkatkan risiko masalah sendi dan punggung. Untuk menghindari masalah punggung, gunakan sepatu yang dirancang khusus untuk melakukan aktivitas fisik di treadmill.

3 dari 4 halaman

2



3. Overtraining

Karena lutut berada dalam gerakan konstan ketika berjalan di treadmill, kemungkinan untuk mengalami overtraining akan cukup besar. Dengan begitu, atlet pun kemungkinan untuk mengalami iritasi tendon serta ligamen cukup besar.

4. Cedera bahu, lutut, pinggul, dan punggung

Berpegang pada alat supaya tidak terjatuh, ternyata tidak dianjurkan karena dapat memengaruhi postur tubuh, serta berisiko terjadinya cedera bahu, lutut, pinggul, dan punggung.

Selain itu, karena tidak dapat menyeimbangkan badan, atlet pemula biasanya akan berjalan pelan-pelan dan mengambil langkah cukup besar. Semakin besar langkah yang diambil, semakin besar pula risiko untuk jatuh dan terluka.

4 dari 4 halaman

3



5. Patah tulang

Komisi Keamanan Produk Konsumen mengatakan kalau treadmill merupakan alat olahraga yang paling berbahaya. Sebab, ketika mesin treadmill aktif, mesin akan bergerak terus menerus yang membuat kaki akan terus bergerak. Bila kita berjalan sangat lambat di saat mesin menyala, berakibat pada lutut yang tergores, patah tulang, dan sendi yang terkilir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini