Sukses

Tangan dan Kaki Sering Dingin, Tanda Penyakit?

Pernah merasa dingin hanya di sekitar tangan dan kaki?

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasa dingin hanya di sekitar tangan dan kaki? Banyak orang percaya kalau kondisi ini sebenarnya tidak baik karena tanda ada penyakit hinggap di tubuh kita, benarkah?

Menurut Asisten profesor kedokteran di NYU School of Medicine, Roshini Rajapaksa, MD kondisi dinginnya tangan dan kaki ini disebut juga vasokonstriksi yang biasanya dipicu oleh perubahan suhu.

"Ketika Anda berada pada suhu yang nyaman, darah yang kaya oksigen akan menyebar ke seluruh tubuh. Tapi pada kondisi atau suhu tertentu, reseptor sensorik di kulit Anda akan memberi sinyal ke otak untuk menyempitkan pembuluh darah (vasokonstriksi)," kata Roshini, seperti dikutip Health, Jumat (2/1/2015).

Roshini menerangkan, kondisi ini lebih sering dialami wanita karena fluktuasi tersebut terkait dengan hormon estrogen yang dinilai memainkan peran besar dalam mengatur suhu.

Yang perlu Anda khawatirkan, kata Roshini, apabila sensitivitas dingin terasa membuat kaku jari tangan dan kaki, perubahan warna kulit pada hidung dan telinga atau mati rasa. Jika ini terjadi, hal tersebut adalah ciri dari penyakit Raynaud.

Tapi bila itu tidak terjadi, Roshini melanjutkan, tangan dingin mungkin merupakan gejala dari kondisi lain, seperti hipotiroidisme, lupus, atau diabetes, atau rendahnya tingkat zat besi atau defisiensi vitamin B12.

"Jika ini sering terjadi, lakukan tes dengan dokter Anda dan cobalah tetap terhidrasi serta meningkatkan aktivitas Anda," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini