Sukses

Orang Gemuk Lincah Belum Tentu Sehat

Mungkin Anda memiliki teman yang gemuk tapi dia terlihat selalu lincah pada setiap aktivitasnya.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda memiliki teman yang gemuk tapi dia terlihat selalu lincah pada setiap aktivitasnya. Dia aktif bermain bola dan melakukan kegiatan lain. Tapi ukuran celananya besar, napasnya panjang dan terlihat tidak mudah lelah.

Jika Anda melihat orang-orang seperti itu, pasti akan dianggap orang sehat. Padahal hal ini belum tentu. Seperti dikatakan oleh para ahli di bidang teknologi pangan dan nutrisi, Nutrifood dalam buku berjudul 101 Mitos Kesehatan yang dikutip Liputan6.com Kamis (1/1/2015) bahwa bagaimanapun kegemukan tidak bisa dikatakan sehat.

"Penelitian gabungan oleh peneliti di Amerika Serikat dan Rumania menemukan bahwa orang kegemukan yang dianggap sehat memiliki kadar kolesterol jahat, kadar resistensi insulin dan tekanan darah lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal," tulis penelti.

Berita baiknya adalah risiko penyakit pada orang gemuk nan lincah itu bisa dikurangi dengan cara menurunkan berat badan hingga batas normal atau BMI antara 18,5 hingga 22,9.

"Lakukan gaya hidup sehat, hindari asupan makanan berlebih dan perbanyak olahraga untuk menjadi lebih ramping dan lebih sehat," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini