Sukses

8 Fakta Mengejutkan Sehatnya Jadi Wanita

Perempuan ternyata lebih sehat dibandingkan pria. Pada hal apa sajakah? Berikut daftarnya.

Liputan6.com, New York- Wanita kerap diasosiasikan dengan kaum yang lemah dan tak punya kekuatan. Tapi jangan salah, wanita punya kekuatan yang membuatnya kuat dan sehat.

Hormon pada wanita dan gaya hidup cenderung membuat kaum ini sehat. "Pria dikenal kurang memerhatikan kesehatan. Mereka lebih memilih hal-hal yang maskulin dibandingkan memeriksakan diri ke dokter," terang wakil kepala medis untuk American Cancer Society, Leonard Lichtenfeld, MD.

Kedua faktor tersebut membuat banyak keuntungan dari sisi kesehatan menjadi wanita, paling tidak ada delapan hal yang menguntungkan seperti dilansir Time, Kamis (1/1/2015).

1. Hidup lebih lama

Menurut data pada dari National Center for Health Statistics perempuan diprediksi hidup hingga 81,2 tahun sedangkan laki-laki 76,4 tahun. Para peneliti tidak sepenuhnya yakin hal apa yang membuat perempuan bisa hidup lebih lama.

Direktur medis program hati perempuan Joan H. TIsch Center for Women's Health dari NYU Langone Medical Center di New York, Nieca Goldberg, MD memperkirakan hal ini terkait dengan fakta bahwa lebih sedikit perempuan yang terkena penyakit jantung.

"Ini bisa jadi disebabkan karena perempuan tetap menjaga ikatan sosial yang kuat kepada teman dan keluarga. Ikatan sosial terkait dengan umur panjang," terang Goldberg.

2. Lebih bisa menolerir rasa sakit

Banyak yang beranggapan bahwa pria lebih mampu menahan rasa sakit dibandingkan wanita. Faktanya dalam beberapa penelitian ditemukan fakta bahwa wanita lebih kuat menahan nyeri dibanding pria seperti diungkap Goldberg.

Hal ini dapat terlihat saat perempuan harus menahan rasa sakit pada saat persalinan. "Perempuan harus bertahan dari rasa sakit saat melahirkan," tambah Goldberg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

II

3. Kanker leher lebih banyak menyerang pria dibanding wanita

Menurut data dari National Cancer Society memperkirakan bahwa lebih dari 30.000 pria didiagnosa dengan kanker faring sedangkan wanita sekitar 12.000 orang. Kanker pada area ini sangat terkait dengan paparan tembakau dan alkohol.

"Walaupun banyak perempuan yang merokok dan minum alkohol, tapi lebih banyak pria yang melakukan dua hal tersebut sehingga tinggi pula angka kanker leher pada pria," terang dokter Lichtenfeld.

4. Tingkat melanoma lebih rendah pada wanita yang berusia lebih tua

Menurut American Academy of Dermatology tingkat angka kejadian melanoma (kanker kulit yang paling sering menimpa manusia) lebih banyak ditemukan oleh pria dibandingkan wanita.

5. Wanita miliki penciuman tajam

Dibandingkan pria, wanita memiliki indera penciuman yang lebih tajam dibandingkan pria menurut sebuah studi dalam jurnal PLoS ONE. Namun peneliti tidak dapat menjelaskan alasan dibalik hal tersebut.

3 dari 3 halaman

III

6.  Kadar kolesterol baik lebih tinggi pada wanita

HDL atau kolesterol jenis baik terdapat lebih banyak pada wanita. Hal ini bisa melindungi kaum ini dari penyakit jantung. Hormon estrogen yang membuat tubuh menghasilkan kolesterol baik sepanjang masa subur wanita. Ketika menopause, asalkan tetap menjaga asupan makan dan memiliki berat badan sehat, kadar HDL dalam tubuh pada kisaran yang sama.

7. Daya ingat lebih baik

Wanita memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan pria. Berdasarkan studi tahun 2014 di Norwegia terhadap 370.000 diketahui bahwa wanita memiliki ingatan lebih baik pada wanita bahkan pada usia saat tua. Diperkirakan hal ini terjadi karena lebih banyak penyakit jantung dan tekanan darah tinggi pada pria yang mengakibatkan degenerasi otak.

8. Cenderung tidak menjadi pecandu alkohol

"Pria berisiko dua kali lipat lebih berisiko menjadi pecandu alkohol dibandingkan perempuan," terang ahlii kesehatan perempuan asal New York, Holly Philips, MD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.