Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Boleh Nggak Orangtua Bugil di Depan Anak?

Orangtua mungkin sulit memiliki waktu sendiri. Tiba-tiba saja anak Anda masuk kamar ketika sedang tak berbusana (bugil). Apakah boleh?

Liputan6.com, New York Orangtua mungkin sulit memiliki waktu sendiri. Tiba-tiba saja anak Anda masuk kamar ketika sedang tak berbusana (bugil) atau hendak ke mandi. Apakah boleh orangtua telanjang di depan anaknya?

Kelly Wallace dari CNN menjelaskan sebenarnya kuncinya adalah kenyamanan. Apabila anak-anak Anda merasa nyaman ketika orangtuanya telanjang di depannya, tak ada yang salah," kata Avital Norman Nathan, seorang ibu dari anak berusia 8 tahun yang pernah melihat dirinya dan suaminya bugil hendak berpakaian atau di kamar mandi. Ia merupakan pendiri blog The Mamafesto.

Menurutnya, apabila anaknya mengatakan tindakan orangtuanya membuatnya tak nyaman tentu ia menghormatinya. "Telanjang ketika di rumah Anda dan 100 persen tidak seksual, tidak akan melukai anak, terutama ketika semua merasa nyaman," ujarnya.

Bertambahnya usia anak juga akan mengembangkan rasa kesopanan di dalam diri mereka. Anak-anak akan memberitahu kapan ia merasa tak nyaman biasanya ketika mereka memutuskan tak ingin telanjang di depan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jelaskan Telanjang


Jelaskan Telanjang

Psikoterapis Dr. anak Fran Walfish menjelaskan penting untuk mempertimbangkan usia dan perkembangan anak ketika membahas telanjang. Namun, ada satu hal yang benar-benar harus diperhatikan.

"Anda jangan menakuti anak Anda," kata Walfish seperti dilansir HuffingtonPost, Selasa (30/12/2014).

Anak-anak hingga usia 6 atau 7 tahun belum berpikir secara seksual. Membahasa tentang telanjang memberikan mereka kesempatan belajar tentang perbedaan anatomi antara lelaki dan perempuan.

Ingatlah pola asuh juga bisa berdampak pada sikap anak. Penulis lepas Kate Messinger mengatakan, keluarganya selalu telanjang ketika ia beranjak besar. Pada suatu kali kebiasaan orangtuanya itu membuatnya canggung yang menyadarkan bahwa duduk bertelanjang tak biasa seperti yang ia pikirkan.

"Itu tak pernah menjadi hal yang besar dan saya menyadari bahwa ini masalah ketika seorang teman datang dan melihat ayah saya telanjang," kata Messinger.

"Saya yakin ia tak pernah melihat sebelumnya ayahnya atau pria bertelanjang. Saya tiba-tiba menyadarinya.`Oh, mungkin ini bukan sesuatu yang dialami semua orang`," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.