Sukses

Hindari Bersihkan Telinga Pakai `Cotton Bud`

Telinga telah dirancang sedemikian rupa untuk mengeluarkan kotoran sendiri tanpa perlu menggunakan pembersih telinga

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bila kotoran telinga diproduksi tubuh oleh kelenjar sebaceous yang berguna menjaga telinga tetap lembap dan bersih dari sel-sel kulit mati sehingga tidak mengganggu gendang telinga. Artinya, telinga telah dirancang sedemikian rupa untuk mengeluarkan kotoran sendiri tanpa perlu menggunakan pembersih telinga (cotton bud).

Begitu disampaikan ahli Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Maria Suurna, MD. Menurutnya, pembersihan telinga menggunakan alat-alat seperti cotton bud atau benda tajam itu bisa mendorong kotoran masuk kembali ke saluran telinga Anda dan bisa menyebabkan penyumbatan.

"Selain penyumbatan, membersihkan telinga dengan barang-barang seperti cotton bud, candle ear, dan sebagainya bisa merusak gendang telinga. Panas yang dihasilkan candle ear misalnya dapat membakar gendang telinga," katanya, seperti dikutip Womenshealthmag, Rabu (31/12/2014).

Lantas bagaimana cara membersihkan telinga yang benar? Suurna menyarankan untuk membersihkan kotoran telinga dengan satu atau dua tetes hidrogen peroksida di telinga Anda sekitar 10 menit atau minta dokter ahli untuk membantu membersihkan telinga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.