Sukses

Benarkah Konsumsi Apel Bikin Kembung?

Apel ternyata yang bisa menimbulkan perut kembung dan rasa tidak nyaman setelah memakannya. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Meski menyehatkan, beberapa buah seperti apel ternyata yang bisa menimbulkan perut kembung dan rasa tidak nyaman setelah memakannya. Benarkah?

Nutisionist Cynthia Sass, MPH, RD menyampaikan bahwa apel sangat tinggi serat dan mengandung fruktosa dan sorbitol (gula dalam buah-buahan) yang seringkali membuat seseorang cepat kenyang. Hal ini membuatnya mengakui kalau apel bisa menyebabkan perut kembung.

"Apel adalah makanan ringan yang segar karena satu buah menyediakan rata-rata 4,5 gram protein dan sekitar 10 persen dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Walaupun makan apel dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung dan masalah pernapasan, termasuk asma, bronkitis, dan emfisema namun buah ini bisa menimbulkan kembung," kata Sass, seperti dikutip Health, Rabu (31/12/2014).

Selain apel, buah yang bisa membuat perut kembung adalah pir, persik, dan buah prune. Bila Anda memiliki masalah pencernaan yang membuat perut kembung, Sass senrdiri menyarankan konsumsi mentimun, buah yang kaya kalium seperti pisang, alpukat, kiwi, jeruk, dan pepaya (papain) yang dapat membantu memecah protein dalam sistem pencernaan Anda.

"Buah tropis memiliki sifat anti-inflamasi, serta serat yang mendukung saluran pencernaan yang kuat," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.