Sukses

6 Makanan Ini Atasi Sakit Kepala

Sebelum mengonsumsi obat, atas sakit kepala dengan enam makanan berikut.

Liputan6.com, New York- Migrain, kepala nyut-nyutan, kepala seperti ditusuk jarum serta aneka rasa sakit kepala lainnya memang tidak menyenangkan. Akibatnya aktivitas yang biasa dilakukan jadi terhambat.

Jika Anda sering mengalami rasa sakit kepala, coba konsumsi beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi rasa sakit ini. Ahli nutrisi, Jaclyn London, MS, RD, CDN menyarankan untuk rutin mengonsumsi enam makanan berikut seperti dilansir Good Housekeeping, Senin (29/12/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1, 2

1. Susu rendah lemak

Salah satu penyebab sakit kepala ada dehidrasi. Sehingga salah satu cara untuk terhindar dari sakit kepala dengan memastikan tubuh terus terhidrasi. Minum susu tak cuma untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh, tapi juga kaya mineral seperti kalsium dan kalium.  

Ada pula satu penelitian yang menunjukkan bahwa rendahnya asupan susu terkait dengan lebih sering migrain per minggunya. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi susu rendah lemak maupun dairy product lain seperti keju dan yoghurt. Keuntungan lainnya adalah dapat meningkatkan tekanan darah serta mengurangir risiko terkena diabetes dan obesitas;

2. Ikan

Suka makan salmon dan tuna? Rutinlah mengonsumsi kedua ikan tersebut karena kaya Vitamin B seperti B6, B12 dan asam folat dapat membantu mengurangi frekuensi sakit kepala.

3 dari 4 halaman

3, 4

3. Blewah

Salah satu penyebab rasa sakit kepala adalah kelebihan natrium dan dehidrasi. Cobalah mengonsumsi buah blewah yang kaya natrium dan air bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Jika sulit mendapatkan blewah bisa juga mengonsumsi melon.

4. Kentang

Seperti melon, kentang kaya akan kalium yang bisa membantu mengurangi rasa sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi. Selain itu, kentang pun kaya akan Vitamin A, C dan b6.

4 dari 4 halaman

5, 6

5. Ceri

Mengonsumsi aneka macam buah bisa menghalau sakit kepala karena kandungan air di dalam buah tersebut. Namun, buah ceri mengandung suatu bahan yang bisa mengubah oksid nitrit di dalam darah yang bisa melawan sakit kepala.

6. Air

Jangan sepelekan manfaat air bagi Anda yang sering merasakan sakit kepala. Dengan asupan air minum yang baik bisa jadi cara untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini