Sukses

8 Alasan Makan Sayur Rebus Banyak Manfaat

Inilah 8 alasan Anda perlu mempertimbangkan menambahkan sayuran rebus dalam diet Anda

Liputan6.com, New Delhi Makanan yang direbus merupakan pilihan lain selain yang digoreng. Sayur-sayuran yang direbus yang dikonsumsi setidaknya sekali dalam sehari bisa memberikan segudang manfaat untuk Anda.

Inilah 8 alasan Anda perlu mempertimbangkan menambahkan sayuran rebus dalam diet Anda seperti dilansir Health.India, Selasa (30/12/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1, 2, 3, 4


1. Membantu menurunkan berat badan

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, tambahkan sayuran rebus dalam diat Anda. Sayuran rendah kalori dan tinggi nutrisi serta air. Makanan ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Konsumsi sayuran rebus memastikan makanan itu bebas lemak. Selain itu, sayuran rebus mengandung serat dalam jumlah tinggi.

2. Mencegah asam lambung

Anda bisa mencegah asam lambung dengan mengonsumsi sayuran rebus karena sayuran tak hanya memerlukan sedikit asam lambung untuk mencerna makanan tapi juga cepat membersihkan dari perut Anda.

Cara tersebut membuat waktu sayuran di dalam perut Anda sebentar sehingga menurunkan risiko asam lambung.

3. Pengobatan dan melindungi batu ginjal

Apabila Anda menderita batu ginjal, masukkan sayuran rebus dalam diet Anda untuk mencegah komplikasi kesehatan. Air yang mendidih menghilangkan 87 persen oksalat (senyawa yang berperan dalam pembentukan batu ginjal) yang hadir dalam makanan, mengonsumsi sayuran rebus secara teratur bisa membantu pengobatan batu ginjal.

Selain itu, menambahkan sayuran rebus untuk makanan Anda bisa mencegah batu ginjal.

4. Mudah dicerna

Sayuran rebus mudah dicerna dan cepat dihancurkan di perut. Ini karena sayuran yang di dalam air mendidih memecah senyawa komplek yang ada menjadi bentuk yang sederhana, sehingga mudah dicerna.

Selain itu, sayuran rebus bisa dikunyah dengan mudah dan baik dikonsumsi untuk orang yang menderita masalah kesehatan seperti demam atau diare.

3 dari 4 halaman

5, 6, 7, 8


5. Membuat kulit sehat

Agar kulit bercahaya alami, cobalah makanan yang sehat dan tetap terhidrasi. Ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran rebus yang tinggi kadar airnya dan nutrisi penting seperti antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang mencegah masalah kulit.

Makan sayuran rebus seperti wortel, bayam, tomat, bit, atau ubi bisa menyehatkan dan membuat kulit bercahaya.

6. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Ahli Transplantasi Rambut Sakshi Sareen mengatakan, sayuran seperti wortel bagus untuk pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. Anda cukup merebus wortel, menggilingnya dengan menambahkan air (tambahan air bekas rebusan). Kemudian oleskan pasta wortel itu di kulit kepala Anda dan biarkan selama 30 menit.

Bilas rambut dengan air hangat dan lakukan secara teratur untuk hasil yang efektif.

7. Makanan bayi

Anda mungkin tak menyadari bahwa sayuran rebus menjadi pilihan yang sangat bayi ketika memulai mengajarkan makanan.

Kentang rebus dan tumbuk menjadi makanan yang membuat perut anak Anda kenyang dan menyediakan semua nutrisi penting.

Selain itu, sayuran rebus mudah dicerna, rendah kalori dan tinggi kandungan air.

8. Membantu dan mengobati peradangan di perut

Radang lambung yang disebabkan bakteri Helicobacter pylori bisa diobati dengan mengubah pola makan seperti mengonsumsi sayuran rebus. Makanan yang direbus bisa mudah dicerna dan tekanan pada perut menjadi berkurang. Selain itu, senyawa kompleks yang hadir dalam makanan dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana. Ini yang membuat pemulihan dari infeksi lebih mudah.

4 dari 4 halaman

Aturan Masak Sayur Rebus

Aturan Masak Sayur Rebus

Sebelum Anda merebus sayuran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a. Potong besar sayuran dan seragam untuk menghindari hilangnya nutrisi saat mendidih.

b. Selalu mencuci sayur sebelum memotongnya dan bukan setelah memotongnya. Cara ini untuk membatasi berkurangnya nutrisi.

c. Gunakan air secukupnya ketika merebus. Karena, terlalu banyak air bisa menyebabkan pencucian vitamin yang larut dalam air.

d. Tambahkan garam ke dalam air mendidih untuk meningkatkan rasa sayuran.

e. Setiap Anda merasa lapar, makanlah sayuran rebus karena ini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.