Sukses

Denise Masih Susui Putrinya yang Enam Tahun

Belle masih menyusui hingga berusia enam tahun. Sang ibu tak akan berhenti menyusui sampai putrinya memintanya.

Liputan6.com, London Anak-anak umumnya menyusui maksimal hingga dua tahun. Tapi, Belle masih menyusui hingga berusia enam tahun. Sang ibu tak akan berhenti menyusui sampai putrinya memintanya.

Belle mungkin menjadi anak tertua di Inggris yang masih menyusui dari ibunya Denise Sumpter. Di usianya yang sudah 6,5 tahun, Belle akan menyusui apabila ia lelah, sakit atau ingin bermanja dengan ibunya. Ia bisa berkali-kali meminta menyusui dalam sehari atau hanya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Kadang-kadang ia menyusui sendiri atau bersama adik laki-lakinya Beau yang berusia 18 bulan.

"Saya akan menyusui Belle selama ia masih meminta," kata Denise (44) .

"Saya tidak tahu berapa lama lagi. Mungkin sama dengan Beau. Saya tak berpikir ini aneh," katanya lagi seperti dilansir Mirror, Senin (29/12/2014).

Belle memang lebih tinggi dibanding teman-teman sekelasnya dan dia jarang sakit. Ibunya mengatakan ini semua karena ASI dan anaknya pun pintar. Belle seorang pemain biola berbakat, penyanyi, dan penari, serta nilainya tertinggi di kelasnya.

"Saya memiliki dua anak yang sehat, pintar, percata diri dan saya benar-benar mempercayai manfaat dari ASI dan akan terus melakukannya," ujar mahasiswi PhD Ancient Science.

Menyusui hingga bertahun-tahun yang dilakukan Denise mendapat dukungan dari pasangannya Jules Deering (47). Selain itu, kehidupan seksualnya juga tak terganggu. "Menyusui tak berdampak ke kehidupan seks saya," kata Denise. "Ini juga tak merusak payudara saya."

Menurutnya, menyusui malah membantunya menjaga bentuk tubuh dan kesehatannya. "Saya terhindar dari berbagai penyakit kanker dan bisa makan apa yang saya inginkan tanpa berat badan naik," kata Denise.

Meski Belle masih menyusui, ia tak mau melakukannya di depan umum. "Ia tak meminta menyusui di tempat terbuka sejak berusia empat atau lima tahun," katanya.

Denise mengatakan, sebenarnya ia tak pernah merencanakan menyusui hingga waktu yang lama. Ketika Belle baru lahir, Denise berharap bisa menyusuinya selama enam bulan atau paling lama satu tahun. Tapi, ketika waktunya tiba ia mulai berubah pikiran.

"Saya mendengar wanita berbicara tentang menipu bayinya agar berhenti menyusui atau menghentikan begitu saja. Belle tampak ecil dan ia benar-benar membutuhkan susu," kata Denise.

"WHO merekomendasikan menyusui hingga dua tahun dan seterusnya, saya memutuskan membiarkan secara alami," ujar wanita dari Islington, London Utara.

Seperti diketahui, setiap tahun seorang ibu yang menyusui menurunkan risiko kanker payudara sebesar 4,3 persen. Ini juga mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya. Sedangkan untuk anak-anak, menyusui memberikan kekebalan tubuh.
Sistem kekebalan tubuh anak diperkirakan belum sepenuhnya berkembang hingga usia 10 atau 12 tahun. Menyusui untuk jangka panjang wajar-wajar saja, anya saja tak diterima secara sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.