Sukses

Pelukan Saat Natal Bisa Cegah Infeksi dan Stres

Saling memeluk antara keluarga dan kerabat, bermanfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University di AS menemukan bahwa saling memeluk antara keluarga dan kerabat, bermanfaat bagi kesehatan.

Dailymail, Selasa (23/12/2014) melaporkan, peneliti menyatakan kalau berpelukan bisa membantu mencegah infeksi dan meredakan stres.

"Mereka yang dipeluk cenderung merasa didukung baik oleh keluarga dan teman-teman sehingga stresnya berkurang. Pelukan juga merupakan efek perlindungan dari dukungan sosial," ujar peneliti.

Profesor Psikologi, Sheldon Cohen, mengatakan dipeluk oleh orang yang terpercaya adalah sarana efektif untuk menyampaikan dukungan. Dan meningkatkan frekuensi pelukan mungkin merupakan cara efektif untuk mengurangi efek buruk dari stres.

"Bagaimanapun, mereka yang menerima pelukan lebih terlindung dari infeksi stres. Tidak ada orang yang tahu kalau saudara kita sedang mengalami konflik," kata Cohen.

Penelitian kecil yang melibatkan 400 orang ini dipublikasikan dalam Psychological Science.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.