Sukses

Awas, Natal dan Tahun Baru Bikin Badan Cepat Melar

Kondisi libur inilah yang membuat berat badan lebih mudah naik daripada hari biasa.

Liputan6.com, Jakarta Masa liburan natal dan tahun tiba. Itu artinya, ada banyak keluarga dan makanan di rumah. Tapi jangan senang dulu, karena kondisi libur inilah yang membuat berat badan lebih mudah naik daripada hari biasa.

Seperti dikutip WebMD, Selasa (23/12/2014) ahli diet anak mengungkapkan kalau rata-rata orang mengkonsumsi sekitar 6.000 kalori pada hari Natal dan itu cukup untuk kondumsi seorang wanita selama tiga hari. British Dietetic Association (BDA) lain lagi, mereka menemukan, orang memperoleh rata-rata 2 kilogram selama Natal.

"Banyak orang mengatakan, makan enak hanya setahun sekali. Apa bedanya jika saya ingin membiarkan rambut saya tumbuh? Jangan menggunakannya sebagai alasan," kata seorang ahli diet, Sian Porter.

Untuk mencegah obesitas, dr. Rob Hicks dari St Mary's Hospital Medical School mengungkapkan 10 tips agar Anda tetap sehat saat Natal dan Tahun Baru.

1. Makan teratur, dimulai dengan sarapan yang sehat.

2. Jangan terus-menerus mengemil keripik dan cokelat karena tinggi kalori dan lemak.

3. Rebus sayuran jangan terlalu lama

4. Jangan tergoda untuk menambahkan mentega atau mayonaise untuk salad.

4. Ketika saatnya untuk makan malam, tumpukkan sayur di piring dan sebaliknya beri sedikit ruang untuk makanan berlemak tinggi seperti daging.

5. Jika Anda ingin menggunakan saus, gunakan sedikit mungkin.

6. Salad buah disarankan setelah makan berat.

7. Berhenti makan saat Anda merasa kenyang dan mencoba untuk tidak makan sampai lapar kembali. Dibutuhkan beberapa saat untuk otak memberikan sinyal ke perut.

8. Jangan makan di depan televisi

9. Berjalan setidaknya 15 menit setelah makan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini