Sukses

Studi: Setengah Nasihat Medis Dr. OZ Tak Masuk Akal

Nasihat dr Oz sebagiannya tidak masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka bahwa nasihat kesehatan yang diberikan oleh Dr. Mehmet Cengiz Oz, yang memiliki program TV talkshow dan begitu populer di Amerika ternyata sebagiannya tidak masuk akal.

Seperti diberitakan laman Washingtonpost, Senin (22/12/2014), sejak beberapa waktu lalu, sejumlah nasihat Oz memang menjadi kontroversi dan dikritik oleh paramedis lain. Bulan Juni lalu misalnya, Senator Claire McCaskill (D-Mo.) mengatakan bahwa dia memberi orang harapan palsu dan mengkritik segmen 'recipe for disaster'. Bulan lalu, Oz juga menyatakan bahwa pil kopi bisa membakar lemak dan membantu penurunan berat badan. Nyatanya, pil tersebut ditarik dari peredaran.

Dan sekarang, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal menganalisis nasihat Oz selama 40 episode dari tahun lalu dan mengidentifikasi 479 rekomendasi medis secara terpisah. Peneliti menemukan bukti bahwa hanya 46 persen nasihatnya yang bisa diaplikasikan ke masyarakat. Sisanya, bertentangan sebanyak 15 persen dan tidak masuk akal hingga 39 persen.

Para peneliti yang dipimpin oleh Christina Korownyk dari University of Alberta, menyatakan kalau upaya OZ dalam memberitahu masyarakat tidak sepenuhnya benar dan bertentangan dari yang seharusnya. "Masyarakat harus skeptis tentang rekomendasi yang dibuat pada talk show kesehatan," katanya.

Oz sendiri membantah bahwa sarannya tidak benar. "Saya hanya berusaha untuk memberikan pilihan untuk semua orang di luar sana. Saya juga percaya pada item yang saya bicarakan di acara saya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.