Sukses

Tumbuhan Beraroma Parfum Ini Bisa Usir Nyamuk

Ada upaya yang bisa dilakukan agar nyamuk tak betah di rumah. Cobalah menanam tanaman yang aromanya wangi tapi tak disukai nyamuk.

Liputan6.com, Jakarta Nyamuk merupakan hewan yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Apalagi bagi kita yang tinggal di daerah tropis. Berbagai cara dilakukan agar hewan kecil yang bisa membawa aneka penyakit ini tak membuat sarang di rumah. Mulai dari gerakan membersihkan rumah, gerakan 3M (mengubur, menguras, dan menutup), hingga rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

Jika hal di atas sudah dilakukan, tambah satu upaya lagi untuk membuat nyamuk tak betah di dalam rumah. Yaitu dengan menanam tanaman yang aromanya harum di hidung manusia tapi tidak disukai nyamuk. Salah satunya rosemary.

Tumbuhan berdaun hijau ini memang biasanya tumbuh subur di dataran tinggi, namun tetap bisa tumbuh di dataran rendah. Perbedaan hanya pada ukuran daun saja. Ssaat di dataran rendah daun berukuran lebih kecil dibandingkan ditanam di dataran tinggi.

Agar efektif menghalau nyamuk, letakkan tanaman ini di dekat jendela. "Saat diletakkan di jendela, daun-daun rosemary akan saling bergesekan sehingga menghasilkan aroma serta menyebarkan ke penjuru ruangan. Aroma inilah yang tidak disukai nyamuk," tutur Teknisi Laboratorium Loka Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Ciamis, Ajat Sudrajat kepada Health-Liputan6.com di Pangandaran, Jawa Barat ditulis Minggu (21/12/2014).

Sudrajat menjelaskan, dibandingkan tumbuhan lain, masyarakat menyukai menanam rosemary karena aromanya yang wangi mirip parfum.

Aroma yang ditimbulkan dari rosemary ini tidak disukai oleh semua jenis nyamuk, baik Aedes aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah, Aedes albapictus yang menyebabkan chikungunya, hingga nyamuk Anopheles yang sebabkan malaria.

Sudrajat menyampaikan, selain rosemary Anda pun bisa menanam tanaman bernama zodia. Meskipun aroma tumbuhan yang dihasilkan tidak sewangi rosemary, namun tak kalah efektif membuat nyamuk tak betah di sekitarnya.
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.