Sukses

Insulin untuk Diabetesi Tidak Membahayakan

Ada banyak rumor mengenai efek samping penggunaan insulin di publik.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak rumor mengenai efek samping penggunaan insulin di publik. Ada yang  bilang hipoglikemia, penambahan berat badan, ketergantungan obat, kebutaan hingga gangguan fungsi ginjal. Padahal, bila bukan dengan insulin, kondisi diabetes sulit diatasi.

Begitu disampaikan ahli penyakit dalam, dr.Dante S.Herbuwono, SpPD-KEMD,PhD. Menurutnya, insulin sering menjadikan hambatan dalam penanganan diabetes.

"Hambatan dalam penanganan diabetes adalah isu-isu yang menyebar sehingga orang ketakutan menggunakan insulin. Lagipula insulin saat ini lebih berkembang dan sudah ada yang tanpa jarum sehingga efektif," kata Dante, ditulis Senin (22/12/2014).

Bagaimanapu, kata Dante, selama penatalaksaan penggunaan insulin dikelola dengan baik maka penggunaan insulin tidak berbahaya. "Pasien diabetes memerlukan suntikan insulin untuk menstabilkan kadar gula darah. Jika ini tidak dilakukan, maka penderita diabetes berisiko mengalami komplikasi yang menyebabkan penyakit jantung, stroke hingga gagal ginjal."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Insulin