Sukses

3 Fakta tentang Penyakit Lupus

Berikut adalah 3 fakta tentang penyakit lupus, di antaranya adalah penyakit tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang tidak baik.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit lupus atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang manusia. Penyakit ini ditandai dengan ruam merah pada bagian pipi. Meskipun begitu, tanda merah ini juga dapat menjalar ke seluruh tubuh.

Meskipun cukup banyak diderita orang, pengetahan tentang penyakit ini masih minim. Untuk itu, perlu diketahui beberapa hal tentang penyakit lupus, dari penyebab hingga cara mengobatinya.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang penyakit lupus seperti dikutip dari laman National Institute of Arthritis and Musculosketeal and Skin Diseases, Minggu (21/12/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyakit lupus tanda sistem kekebalan tubuh tidak baik

Penyakit lupus tanda sistem kekebalan tubuh tidak baik

Sistem kekebalan tubuh dirancang untuk melawan zat asing yang masuk dalam tubuh. Tetapi, seseorang yang terkena penyakit lupus justru sistem kekebalan tubuhnya menyerang jaringan dan organ tubuhnya sendiri. Beberapa bagian tubuh yang dapat dirusak oleh penyakit lupus adalah sendi, kulit, ginjal, hati, paru-paru, pembuluh darah dan otak.

Seseorang yang terkena penyakit lupus akan merasakan gejala seperti demam, kelelahan, nyeri sendi, kaku, ruam merah pada pipi, luka kulit, sakit kepala hingga nyeri di dada.

3 dari 4 halaman

Perempuan lebih rentan terkena lupus

Perempuan lebih rentan terkena lupus

Sebenarnya, siapapun bisa terserang penyakit lupus. Tetapi, penyakit ini paling sering menyerang perempuan, terutama pada perempuan Afrika-Amerika, Hispanik dan Asia dibanding pada perempuan Kaukasia.

Selain itu, perempuan hamil juga akan lebih rentan terkena lupus. Jika lupus terjadi saat hamil, hati-hati, kesehatan ibu dan janin dapat terganggu. 

4 dari 4 halaman

Sebab pasti penyakit lupus belum diketahui

Sebab pasti penyakit lupus belum diketahui

Penyebab pasti penyakit lupus belum diketahui pasti. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa faktor gen berperan penting, tetapi itu bukanlah satu-satunya. Misalnya, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sinar matahari dan obat-obatan turut memicu penyakit lupus.

Maka dari itu, pengobatan penyakit lupus pun tidak pasti. Pengobatan lupus tergantung pada tanda dan gejala yang ditimbulkan. Misalnya, jika didiagnosis penyebabnya adalah gangguan sistem kekebalan tubuh, maka bagian itulah yang akan diobati oleh dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini