Sukses

Paling Sering Terjadi Diabetes Merusak Organ Satu Ini

Risiko kesehatan diabetes yang paling umum terjadi adalah kebutaan akibatnya rusaknya retina mata.

Liputan6.com, Jakarta Berbicara mengenai diabetes, mungkin sebagian Anda sudah mengetahui bahwa bukan diabetes yang menyebabkan kematian melainkan komplikasi diabetes lah penyebabnya. Namun, siapa sangka, risiko kesehatan diabetes yang paling umum terjadi adalah kebutaan akibatnya rusaknya retina pada mata.

Seperti disampaikan Kepala Divisi Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr Em Yunir, SpPD-KEMD bahwa setiap tahun 12.000-24.000 orang kehilangan penglihatannya karena diabetes (Retinopati Diabetik). Penyakit kronis ini bahkan disebut sebagai penyebab utama kebutaan baru di masyarakat usia 20-74 tahun.

"Sebagian besar pasien diabetes yang ke masuk ke RS di Indonesia telah memiliki komplikasi. Jika diperhatikan, ada beberapa komplikasi diabetes yang mengkhawatirkan yaitu retinopathy yang menyebabkan kebutaan, saraf dan ginjal hingga amputasi," kata Yunir, seperti ditulis Sabtu (20/12/2014).

Selain itu, lanjut Yunir, komplikasi diabetes lain berdasarkan CDC Facts Sheet 2007 adalah risiko amputasi kaki 15-40 kali dan gagal ginjal. Risiko lain yang bisa jadi muncul adalah disfungsi ereksi, penyakt jantung, gangren, gangguan saraf tepi. Semua ini bisa saja terjadi bila diabetesi atau penderita diabetes tidak hati-hati dan tidak disiplin mengelola penyakitnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.