Sukses

7 Makanan Pendongkrak Produksi ASI

Produksi ASI untuk asupan si kecil masih kurang? Coba konsumsi makanan ini.

Liputan6.com, Jakarta Memberikan ASI, terutama ASI berkualitas, sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Terkadang ibu merasa kesulitan memenuhi asupan tersebut. Tenang, tak perlu khawatir jika produksi ASI tidak banyak.

Caranya cukup dengan perbanyak mengkonsumsi makanan-makanan berikut yang dilansir dari laman Boldsky, Jumat (19/12/2014). Namun, pertama-pertama konsultasi dahulu dengan dokter kandungan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minyak Zaitun

1. Minyak Zaitun atau Wijen

Sebenarnya sama manfaat yang didapat dari minyak zaitun atau wijen. Gunakan minyak ini untuk memasak lebih sering dibanding dengan minyak goreng.

2. Daun Kemangi

Memang sudah sering terdengar bahwa daun kemangi baik bagi kesehatan sebab daun ini kaya akan Vitamin K.

3. Oatmeal

Makan oatmeal sebagai menu sarapan menjadi poin utama untuk meningkatkan produksi ASI. Jadi, nikmatilah hidangan lezat oatmeal di pagi.

4. Bawang Putih

Banyak orang tidak menyukai rasa bawang yang satu ini. Namun, di balik itu bawang putih menyimpan banyak manfaat. Tentu, salah satunya adalah meningkatkan produksi ASI.

3 dari 3 halaman

Jahe

5. Jahe

Jahe adalah salah satu makanan untuk meningkatkan produksi ASI. Tak harus mengkonsumsinya secara langsung, cukup menggunakannya dalam berbagai hidangan, seperti kari atau dibuat air jahe, manfaatnya akan terasa.

6. Tumbuhan Akar

Jika Anda senang mengkonsumsi salad, jangan lupa sertakan tumbuhan akar sepert wortel dan ubi. Sayuran ini memiliki peranan penting untuk meningkatkan produksi ASI secara alami.

7. Air Putih

Banyak meminum air putih menjadi hal yang paling penting dan tak boleh dilupakan jika ingin meningkatkan produksi ASI. Mengapa? Sebab, 80 persen komposisi ASI adalah air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini