Sukses

Mengapa Hubungan Intim Bisa Tingkatkan Kesehatan?

Hubungan intim dapat tingkatkan kualitas kesehatan seseorang. Tetapi, mengapa demikian?

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak yang mengetahui, bahwa hubungan intim atau hubungan seks bersama pasangan memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Makin banyak melakukan hubungan intim, makin sehat Anda, demikian banyak penelitian menyebutkan.

Beberapa orang menganggap berhubungan intim dengan pasangan dapat meningkatkan mood. Itu benar, tetapi bukan hanya itu. Hubungan intim juga dapat memperlambat proses penuaan, melawan penyakit dan segudang manfaat lainnya.

Tetapi, mengapa hubungan intim dapat tingkatkan kesehatan? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Mens Health, Jumat (19/12/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan intim dorong kesehatan jantung

1. Hubungan intim dorong kesehatan jantung

Telah banyak riset yang membuktikan hal tersebut. Riset yang dipublikasikan di Jurnal Cardiology menyebutkan bahwa pria yang berhubungan seks 2 kali seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular. Dengan jantung yang sehat, maka kesehatan secara keseluruhan pun akan semakin baik. 

2. Melakukan hubungan intim membakar kalori

Hal ini tidak bisa disangkal, sebab, saat melakukan hubungan intim seluruh tubuh bergerak seperti sedang olahraga. Pada akhirnya, hubungan intim memang dapat membakar kalori. Akan tetapi, pembakaran kalori ini tergantung seberapa intensifnya hubungan intim tersebut. Misalnya, seorang pria yang memiliki berat badan 190 pond akan membakar 413 kalori dalam 1 jam aktivitas seksual yang kuat. Tapi karena berhubungan intim rata-rata hanya 20 menit, maka kalori yang terbuang adalah sekitar 150.

3 dari 4 halaman

3. Seks adalah obat tidur alami

3. Seks adalah obat tidur alami

Mereka yang insomnia sekalipun, setelah berhubungan intim dengan pasangannya akan lebih mudah untuk tidur. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena orgasme pada saat berhubungan intim ternyata merupakan obat tidur alami bagi kebanyakan orang.

4. Kuantitas hubungan intim berkorelasi dengan awet muda

Sebuah penelitian oleh rumah sakit Royal Edinburgh menemukan bahwa orang tua yang berhubungan intim 4 kali dalam seminggu terlihat lebih muda 10 tahun dari usia aslinya. Hal ini dapat terjadi karena kesenangan saat menghasilkan hubungan intim menghasilkan hormon, termasuk hormon pertumbuhan yang penting untuk menjaga tetap awet muda.

4 dari 4 halaman

Sering orgasme melindungi diri dari kanker

5. Sering orgasme melindungi diri dari kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ejakulasi dapat meurunkan risiko kanker prostat. Dalam sebuah studi yang dilakukan di AS, ditemukan bahwa mereka yang orgasme hingga 21 kali per bulan memiliki kemungkinan menderita kanker lebih kecil daripada mereka yang hanya orgasme kurang dari 7 kali. Hal ini dapat terjadi karena ejakulasi dapat menghilangkan sekresi prostat karsinogenik dan mengurangi zat lain yang berpotensi picu kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini