Sukses

Gara-gara KIS, Petugas RS Sering Diomeli Pasien

Kurangnya sosialisasi dalam informasi Kartu Indonesia Sehat ternyata membuat sejumlah petugas rumah sakit diomeli pasien.

Liputan6.com, Jakarta Kurangnya sosialisasi dalam informasi Kartu Indonesia Sehat (KIS) ternyata sempat menjadi kendala di sejumlah Rumah Sakit (RS). Tak jarang, petugas RS yang tak paham diomeli pasien.

Begitu disampaikan Sekjen Perhimpunan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Dr. Wasista budi waluyo, MHA, saat diskusi EvaluasiJKN di kawasan Menteng, Jakarta, ditulis Jumat (19/12/2014).

"November lalu, keluarlah KIS. Pasien yang bingung banyak bertanya ke RS. Tapi karena kurang sosialisasi, petugas dimarahi pasien," katanya.

Sebelumnya, pada Presiden Joko Widodo pada 3 November lalu meluncurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Tak ada perbedaan signifikan antara KIS dengan kartu kesehatan lainnya. Meskipun kartu ini digadang-gadang merupakan bentuk penyempurnaan program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Namun sejumlah pengamat mengatakan, KIS hanyalah wujud kartu yang akan menggantikan kartu kepersertaan BPJS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.