Sukses

Olahraga Terbaik Agar Tulang Kuat

Olahraga ini bisa jadi solusi terbaik untuk menguatkan tulang Anda.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menginjak usia 30 tahun, tingkat kekokohan tulang akan menurun. Jika tidak dijaga dengan baik, risiko hilangnya kepadatan dan mengidap penyakit tulang di masa tua akan terus meningkat.

Diet dan olahraga yang seimbang memainkan peranan penting untuk menguatkan tulang. Hal ini bisa meminimalkan risiko-risiko tersebut. Sebab, menurut fakta yang dilansir Boldsky, Kamis (18/12/2014), sekitar 10 persen kepadatan tulang akan hilang meskipun Anda beristirahat di tempat tidur selama 4 bulan.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa olahraga adalah solusi efektif untuk mengeraskan tulang. Lantas olaharaga seperti apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

High impact weight

High impact weight bearing exercise

Olahraga ini akan membuat tulang Anda tetap kuat. Namun, Anda harus menghindari olahraga ini jika sudah mengidap osteoporosis. Menari, high impact pada senam aerobik, jogging, berlari, lompat tali tenis, memanjat tangga, dan sebagainya mungkin menjadi olahraga high impact yang cocok untuk Anda.

3 dari 5 halaman

Low impact weight

Low impact weight bearing exercises

Olahraga ini membutuhkan keseimbangan ekstra untuk melawan gravitasi seperti dalam aerobik. Low impact pada senam aerobic, treadmill,dan berjalan merupakan olahraga low impact.

4 dari 5 halaman

Resistance

Resistance exercises

Angkat beban, sit-up, dan push-up merupakan olahraga yang memiliki kegiatan yang cocok untuk menguatkan tulang Anda. Gerakan seperti yoga atau juga bisa membantu meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas.

5 dari 5 halaman

Non-impact

Non-impact exercises

Olahraga semacam ini baik untuk meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki postur tubuh. Keseimbangan baik agar tidak mudah terjatuh. Selain itu, sendi-sendi pada tulang akan semakin merapat. Berenang, rowing, dan ski adalah contoh dari olahraga jenis ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.