Sukses

Tips Makan Banyak dan Tetap Langsing Saat Natal

Rasanya ada yang kurang bila melewatkan sajian kuliner saat natal.

Liputan6.com, Jakarta Rasanya ada yang kurang bila melewatkan sajian kuliner saat natal. Ada kue kering, makanan utama dengan lauk beragam hingga minuman manis.

Membayangkan semua makanan dan minuman itu saja sepertinya terlalu takut untuk gemuk. Wajar bila ahli gizi Carrie Regan mengatakan bahwa pada hari Natal saja, seseorang bisa makan sekitar 6.000 kalori atau sekitar tiga kali rata-rata kebutuhan harian.

"Biasanya ketika Anda berpikir tentang Thanksgiving atau natal, Anda tenang saja karena itu cuma sehari," kata Regan.

Regan dan ahli gizi lain dari Rumah Sakit Sunnybrook, Katelynn Maniatis menawarkan tips agar Anda bisa makan banyak tanpa gemuk pada saat natal, seperti dikutip Globalnews, Rabu (17/12/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan lewatkan sarapan

1. Jangan melewatkan sarapan

Anda mungkin berpikir ini adalah cara yang baik untuk menyimpan kalori, tapi Regan mengatakan sarapan yang sehat tidak akan menambah jumlah asupan kalori. Misanya, Anda bisa mengonsumsi semangkuk oatmeal, muffin dengan telur serta buah dan sayur.

2. Menghindari saus krim

Hidangan yang paling berbahaya di atas meja adalah sayuran yang dimasak dalam saus krim. Raihlah sayuran dan campur dengan minyak zaitun, lemon dan rempah-rempah sehingga akan menghemat sekitar 150 kalori per porsi.

3 dari 3 halaman

Makanan sehat



3. Isi lemari pendingin dengan makanan sehat

Bila Anda tidak keluar untuk makan malam atau pesta di rumah teman, pastikan kulkas Anda sendiri penuh dengan buah segar, sayuran, protein tanpa lemak dan camilan sehat.

4. Perhatikan apa yang Anda minum

Jika Anda memesan latte, pilih yang susu skim dan jangan gunakan whipped cream. Atau lebih baik konsumsi air putih secukupnya.

5. Bermain salju

Intinya adalah cari aktivitas seru di luar rumah. Jika tidak bisa bermain salju, Anda bisa ke gym, berjalan-jalan di luar, skating, snowshoeing atau ski. Sehingga bila Anda makan banyak, kalori yang dibuang juga setara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.