Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Berapa Ukuran Miss V yang Normal?

Kaum perempuan bisa dengan mudah mengetahui apakah ukuran payudaranya normal atau tidak. Tapi, bagaimana dengan Miss V (vagina)?

Liputan6.com, New York Kaum perempuan bisa dengan mudah mengetahui apakah ukuran payudaranya normal atau tidak. Tapi, bagaimana dengan Miss V (vagina)? Minimnya informasi membuat ukuran Miss V seakan-akan misterius. Alhasil, wanita sulit mengetahui apakah ukuran Miss V nya normal atau tidak.

Brook McFadden, MD, asisten profesor di divisi obat panggul wanita dan bedah rekonstruksi di Ohio State University, berusaha mempelajari ukuran Miss V.

Membandingkan ukuran Miss V ini agak sulit karena jarang yang mempelajarinya. McFadden yang fokus pada ukuran vulva bisa memengaruhi citra tubuh berusaha mengubah pandangan tersebut.

Pada penelitian terbaru, ia mencoba mereplikasi penelitian dari ilmuwan Jillian Lloyd tentang "Female genital appearance: normality unfolds" pada Mei 2005 yang diterbitkan dalam  British Journal of Obstetrics & Gynecology. Penelitian ini mengukur bagian pribadi dari 50 perempuan.

Untuk membangkitkan penelitian ini, McFadden mempelajari 168 perempuan, dengan rata-rata usia 57 tahun dengan teknik yang sama dilakukan Lloyd. Inilah abstrak penelitiannya yang muncul pada Journal of Minimally Invasive Gynecology seperti dilansir womenshealthmag, Rabu (17/12/2014).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Labia Minora



1. Labia Minora

Ini adalah bagian yang lebih kecil, bibir bagian dalam yang mengelilingi pembukaan vagina Anda. Menurut McFadden, untuk pengukuran lebar labia minora kiri rata-rata 2,1 sentimeter (cm), dengan kisaran 0,4-6,4 cm.

Pada bagian kanan lebarnya rata-rata 1,9 cm dengan rata-rata 0,3-7,0 cm. Lalu berapa panjangnya? Bagian kiri rata-rata panjang 4 cm (sekitar ukuran baby carrot) dengan kisaran 1,2-7,5 cm, sedangkan rata-rata panjang labia minora kanan 3,8 cm dan kisaran 0,8-8,0.

Panjang labia minora ini berbeda-beda dari setiap wanita dan ukuran sebelah kanan dan kiri juga tak sama.

"Ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara labia minora kiri dan kanan, yang menunjukkan bahwa normal jika Anda memiliki ukuran yang berbeda," kata McFadden.

3 dari 5 halaman

2. Labia Majora

2. Labia Majora

Apabila diamati, labia majora seperti tanda kurung di sekitar labia minora.

Labia majora ini di kedua sisinya rata-rata panjangnya 8,1 cm (sekitar ukuran botol kutek) dengan kisaran 4 sampai 11,5 cm. Semakin Anda tua, maka labia minora dan labia majora menjadi lebih kecil.

4 dari 5 halaman

3. Klitoris

3. Klitoris

Ini seperti `tombol` kenikmatan kaum Hawa. Dalam penelitian McFadden, lebar klitoris berkisar antara 0,2-2,5 cm dengan rata-rata 0,8.

Peserta memiliki panjang klitoris bermacam-macam dari 0,4-4 cm, dengan rata-rata 1,6 cm (sedikit lebih kecil dibandingkan kancing jeans Anda).  "Salah satu temuan yang sangat menarik adalah bertambahnya lebar klitoris berhubungan dengan orgasme selama berhubungan intim," bunyi Abstrak itu.

Apabila wanita hampir setiap waktu merasakan orgasme, wanita itu mungkin memiliki klitoris lebih lebar dibandingkan wanita yang waktu orgasmenya jarang.

5 dari 5 halaman

4. Kanal Vagina

4. Kanal Vagina

Temuan McFadden tentang kalan (saluran) vagina ini belum disajikan. Apabila mengikuti pedoman panjang dari penelitian tahun 2005, mereka menemukan panjang rata-ratanya adalah 9,6 cm (sepanjang tabung lip gloss), dengan kisaran 6,5 dan 12,5 cm.

Meski ada penelitian terbaru ini, pada penelitian terdahulu tahun 1995 di Obstetrics & Gynecology dengan judul Vaginal anatomy and sexual function tertulis diameter vagina 2,1-3,5 cm.

"Satu hal yang perlu diperhatikan hanya dua wanita dengan diameter 2,1 cm yang aktif secara seksual, dan keduanya mengalami rasa sakit saat berhubungan seksual," ujarnya.

Menurutnya, meskipun wanita merasakan sakit, wanita itu berada pada kisaran panjang dan lebar yang normal. Lebar dan panjang vagina menyesuaikan diri seperti saat hubungan intim dan melahirkan. Apalagi ukuran setiap wanita berbeda-beda. 

"Mereka tak berhubungan dengan citra tubuh atau kelamin," begitu isi Abstrak.






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini