Sukses

Kasus Flu Burung Kembali Muncul di Jepang

Kasus flu burung kembali ditemukan di salah satu peternakan Jepang. 4000 unggas dimusnahkan untuk cegah penyebaran.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian Jepang pada Selasa kemarin mengonfirmasi kasus flu burung pada sebuah peternakan unggas di Miyazaki, sebuah provinsi yang terletak di barat daya Jepang.

Dilansir dari Fox News pada Rabu (17/12/2014), pada peternakan tersebut ditemukan 3 ekor ayam positif terkena virus H5N1. Untuk mencegah penularan, sekitar 4000 ayam lainnya telah dimusnahkan. Demikian kata seprang pejabat pemerintah provinsi Miyazaki.

Selain itu, pemerintah setempat juga meminta pengelola peternakan untuk membatasi ruang gerak unggas-unggas mereka. Hal ini dilakukan risiko penyebaran virus ke unggas lainnya dan juga ke manusia.

Provinsi Miyazaki sendiri adalah produsen utama ayam broiler bagi Jepang. Ayam broiler dari provinsi ini menyumbang 20 persen dari seluruh kebutuhan konsumsi ayam di Jepang.

Sebelumnya, pada bulan April lalu, Jepang mengonfirmasi kasus flu burung pertama di peternakan sejak tahun 2011 lalu. Saat itu, kasus flu burung pertama kali muncul di sebuah peternakan provinsi Mumamoto, barat daya Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini