Sukses

Ciri-ciri Orang Tua yang Ringkih

Ringkih yang dialami para orang tua dapat terjadi karena beberapa faktor

Liputan6.com, London Kondisi ringkih yang dialami para orang tua bukan sebuah pertanda bahwa dia mengidap satu penyakit tertentu. Namun, dalam satu penelitian yang diikuti oleh pasien berusia lanjut selama tujuh tahun, mereka yang ringkih tiga kali lebih cepat meninggal dunia ketimbang yang tidak mengalami kondisi ini.

Sampai hari ini para ilmuwan masih terus mencari apa definisi dari ringkih. Tapi, orang tua yang telah ringkih terbagi dalam sejumlah ciri-ciri umum, antara lain; penurunan berat badan sebanyak 10 kilogram dalam setahun terakhir, sering lelah, rendahnya tingkat aktivitas yang mereka jalani, lambat, dan kekuatan pegangan mengalami penurunan.

Dikutip dari Theatlantic, Senin (15/12/2014) definisi ini didapat oleh Dr Linda Fried dan rekan-rekannya dari Johns Hopkins pada 2001.

Lebih lanjut disebutkan bahwa sistem kesehatan manusia tidak dirancang dengan cukup baik untuk mengatasi keringkihan. Oleh karena itu, jumlah dokter yang berkecimpung untuk mengatasi hal ini begitu sedikit. The American Geriatrics Society melaporkan bahwa Amerika Serikat membutuhkan setengah dari 17.000 geriatricians saat ini. Sebab pada 2030, jumlah yang ahli yang diperlukan akan meningkat menjadi 30.000 orang.

Ada pun faktor yang menyebabkan keringkihan pada orang tua adalah nutrisi yang kurang baik. Di mana makan yang seimbang, diet yang bervariasi mencakup jumlah yang cukup untuk kalori dan protein masih kurang diperhatikan.

Apalagi bila orang tua tersebut hidup seorang diri dan tak ada yang mengurusnya. Secara otomatis, asupan makanan yang diterima jauh dari kata yang diharapkan.

Termasuk juga aktivitas fisik, ketahanan psikologi, dan bagaimana cara mereka merespons apa pun yang diterima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini