Sukses

Ingin Anak Cerdas? Dampingi Saat Belajar

Cara mudah dengan manfaat besar bagi kecerdasan anak.

Liputan6.com, Jakarta- Sebagai orang tua jangan hanya menuntut anak agar bisa menjadi sosok manusia yang cerdas. Luangkan waktu Anda sebentar saja untuk menemani buah hati kala belajar. Kehadiran Anda, baik ayah dan ibu, dengan penuh cinta bisa mengaktivasi kecerdasan anak.

"Saat ibu mendampingi anak belajar akan menimbulkan rasa safe and secure feeling pada anak. Yang tadinya cemas besok akan ada ulangan lalu ditenangkan sang ibu akan menurunkan tingkat stresnya," ungkap psikolog anak, Efnie Indiranie, M.Psi dalam acara Oreo Asyiknya Kebersamaan di Locanda Restaurant ditulis Jumat (12/12/2014).

Tak perlu dukungan orang tua yang macam-macam, cukup dengan mengusap bagian belakang atau memeluk anak bisa meningkatkan hormon oksitosin pada anak. Hormon penuh cinta ini akan membuat rasa bahagia dalam dirinya. Menurut Efnie, hal ini akan membantu fungsi berpikir anak jadi berkembang .

Efnie menambahkan dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa pendampingan ayah maupun ibu saat belajar memberikan dampak dahsyat sekali. Salah satunya adalah meningkatnya multiplle inteligence berdasarkan penelitian dari M.M Nilam dari Universitas Gunadarma Jakarta.

"Kecerdasan yang meningkat mulai dari interpersonal, analytic thinking, body kinestetic. Biasanya ada 8-10 jenis kecerdasaan yang bisa diaktivasi. Dahsyat ya pendampingan," pungkas Efnie.

Jadi, besar bukan manfaat mendampingi anak belajar. Jadi, yuk ayah dan ibu luangkan waktu sebentar saja untuk mendukungnya belajar demi mendukung kecerdasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini