Sukses

Awas, Rokok Bikin Kram Menstruasi Makin Parah

Tak ingin rasa sakit makin parah saat menstruasi? Segera berhenti merokok.

Liputan6.com, Jakarta Menstruasi pada hari pertama maupun kedua adalah hal yang paling menyebalkan bagi wanita. Perut terasa sangat nyeri karena kram menstruasi. Rasa nyeri akan makin parah jika Anda merokok menurut sebuah penelitian di Australia.

Tidak diketahui dengan pasti apa penyebab merokok dapat menyebabkan rasa nyeri yang bertambah pada saat menstruasi. Diduga penurunan jumlah oksigen yang ada di rahim menruun akibat merokok terang dokter kandungan dari Lenox Hill Hospital in New York City, dr. Jennifer Leighdon Wu seperti dilansir NY Daily News pada Kamis (11/12/2014).

"Merokok dapat menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan dalam pembuluh darah, ketika ini terjadi di rahim dapat menyebabkan rasa sakit," terang Wu.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Tobacco Control meneliti 9.067 wanit selama 13 tahun. Hasilnya, dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok, rasa sakit pada haid lebih tinggi 33 persen bagi mantan perokok. Bagi perokok rasa sakit bisa mencapai 41 persen.

Semakin muda usia merokok rasa sakit yang dirasakan saat menstruasi semakin sakit.

"Studi ini menyampaikan pesan penting bahwa merokok dapat memengaruhi rasa sakit saat menstruasi. Sehingga bagi perempuan lebih baik menjauhkan diri dari merokok," terang salah satu peneliti dr. Hong Ju dari University of Queensland.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini