Sukses

Ilmuwan Inggris Ciptakan Bumbu Makanan yang Langsung Buat Kenyang

Ilmuwan Inggris telah mengembangkan sebuah bumbu yang membuat makanan akan terasa lebih mengenyangkan.

Liputan6.com, London Ilmuwan Inggris telah mengembangkan bumbu yang membuat makanan akan terasa lebih mengenyangkan. Dengan bumbu ini, mereka yang telah memiliki kelebihan berat badan akan terhindar dari lemak yang lebih banyak.

Dikutip dari Reuters pada Kamis (11/12/2014), bumbu makanan ini dikembangkan oleh para ilmuwan dari London's Imperial College di Universitas Glasgow.

Bahan makanan ini mengandung propionat, yaitu bahan alami yang merangsang usus untuk melepaskan hormon yang bekerja pada otak untuk mengurangi rasa lapar.

Propionat diproduksi secara alami ketika serat dalam makanan difermentasi oleh mikroba dalam usus. Tetapi, bahan baru bernama inulin-propionate ester (IPE) menyediakan lebih banyak propionate daripada yang diproduksi secara alami.

"Molekul seperti propionat merangsang pelepasan hormon usus yang mengontrol nafsu makan. Tetapi Anda tidak perlu makan dalam jumlah besar untuk mencapai itu," kata Gary Frost dari departemen Kedokteran yang memimpin penelitian.

"Kami ingin menemukan cara yang lebih efisien untuk memberikan propionat ke usus," tambahnya.

Frost juga menjelaskan bahwa penemuan tersebut hanyalah sebuah studi yang masih sangat kecil tetapi menawarkan tanda-tanda yang baik untuk mencegah kenaikan berat badan, baik pada orang biasa maupun orang gemuk.

Meskipun begitu, sampai saat ini penelitian tersebut masih dilanjutkan dengan memfokuskan diri pada jenis makanan seperti apa yang dapat dicampurkan dengan propionat, terutama yang berasal dari IPE. Sampai saat ini, roti dan beberapa buah telah menunjukkan hal yang positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.