Sukses

Selain Gangguan Ereksi, Ini 3 Masalah yang Kerap Dialami Pria

Di bawah ini, terdapat sejumlah gangguan urologi yang dialami pria

Liputan6.com, Jakarta Disfungsi ereksi (DE) merupakan salah satu gangguan urologi yang kerap terjadi pada pria dan paling ditakuti oleh pria berusia dewasa. Namun, masalah pada organ intim pria bukan DE saja, melainkan masih banyak kondisi lain yang patut untuk diwaspadai.

Di bawah ini, terdapat sejumlah gangguan urologi seperti disampaikan oleh sejumlah dokter dari RSU Bunda Jakarta dalam diskusi `Gangguan Urologi, Jangan Malu Periksa ke Dokter` di RSU Bunda Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/12/2014);

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Batu

1. Batu

Batu dapat terbentuk disebabkan kurangnya volume urine atau penumpukan sejumlah zat dalam saluran kemih.

"Kekurangan cairan dapat mempercepat pembentukan batu di saluran kemih," kata Dr. Sigit Solihin, SpU menjelaskan.

Pria, lanjut Sigit, memiliki risiko lebih besar mengalami penyakit batu saluran kemih. Lebih lanjut, gejala yang timbul umumnya berupa nyeri saat berkemih, keluar darah saat berkemih, rasa tidak nyaman di daerah perut atau nyeri pinggang.

"Bahkan, pada sejumlah kasus tertentu dapat menimbulkan mual dan muntah," kata dia.

Penanganan untuk batu saluran kemih, antara lain terapi konvensional dengan obat-obatan, laser atau ESWL dan pembedahan.

3 dari 4 halaman

Pembesaran prostat

2. Pembesaran dan kanker prostat

Benign prostatic hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat jinak juga merupakan kasus yang sering dijumpai pada pria. Kondisi ini adalah pembesaran prostat non-kanker yang setidaknya menimpa 50 persen pria di Amerika, yang berusia di atas 50 tahun.

"BPH sering dikaitkan dengan gejala berupa gangguan berkemih seperti sering kencing, kencing tidak tuntas dan nyeri saat kencing," kata Dr. Rachmat Budi Santoso, SpU.

Gangguan lain yang menyerang prostat adalah kanker. Pada pria, kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling sering dijumpai.

"Tidak ada gejala awal kanker prostat, sehingga kebanyakan diketahui sudah dalam stadium lanjut. Tindakan pengobatan untuk kanker prostat adalah pembedahan, kemoterapi, terapi hormonan dengan radiasi," kata dia menerangkan.

4 dari 4 halaman

Infertilitas pria

3. Infertilitas pria

Menurut Dr. Ponco Birowo, SpU(K), PhD, pasangan dikatakan tidak subur bila dalam jangka 1 tahun secara rutin berhubungan seksual tanpa kontrasepsi, tidak juga memiliki seorang anak.

"Separuh kasus infertilitas berasal dari faktor pria, misalnya jumlah sperma tidak memadai, penyumbatan saluran sperma, gangguan hormonal atau gangguan pada testikel," kata Ponco menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.