Sukses

3 Cara Mandi agar Keputihan Menghilang

Bagaimana cara mandi yang benar untuk menghilangkan bau tak sedap akibat keputihan?

Liputan6.com, Jakarta Keputihan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa masalah seperti pertumbuhan bakteri, infeksi jamur, kebersihan organ wanita yang buruk, perubahan hormonal, atau penyakit seksual yang menular. Sebenarnya keputihan adalah hal yang normal, bahkan keputihan yang menimbulkan bau tak sedap sekali pun.

Alih-alih ingin membersihkan diri dengan mandi, tetapi ternyata terdapat hal-hal yang salah ketika mandi dan bisa menyebabkan munculnya bau tak sedap akibat keputihan. Lantas apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut ulasan yang dilansir dari Wikihow, Kamis (11/12/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berhenti gunakan sabun

1. Berhenti gunakan sabun

Bukan berarti Anda mandi dengan menggunakan sabun, tetapi pilihlah sabun dengan kandungan yang lembut dan tidak menimbulkan bau wangi yang menyengat. Sebab, sabun seperti itu mengandung bahan kimia yang justru semakin menstimulus munculnya bau tak sedap.

Pastikan juga ketika membersihkan kemaluan, jangan terlalu dekat dengan area vagina.

3 dari 4 halaman

Hindari penggunaan sabun kewanitaan

2. Hindari penggunaan sabun kewanitaan

Ya, memang sabun kewanitaan berguna untuk menyeimbangkan bakteri yang berada di vagina. Namun, nyatanya sabun kewanitaan juga bisa memicu bakteri yang bisa memunculkan bau tak sedap ketika Anda mengalami keputihan. Gunakan sabun kewanitaan jika Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.

4 dari 4 halaman

Berhenti memakai air hangat

3. Berhenti memakai air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat bisa berakibat memunculkan bau tak sedap karena air hangat bisa membunuh bakteri alami dalam tubuh yang berguna untuk mengurangi bau tak sedap tersebut. Lakukan cara ini bersamaan dengan 2 cara lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini