Sukses

Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat daun sirsak juga terasa untuk kulit dan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Sirsak adalah buah yang berasal dari Amerika Selatan, Afrika dan Asia Tenggara. Selain buahnya yang lezat dimakan, ternyata daunnya pun berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat daun sirsak misalnya berguna untuk menghambat sel kanker, obat asam urat, rematik dan diabetes.

Selain untuk kesehatan, daun sirsak pun ternyata bermanfaat untuk kecantikan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut laporannya seperti yang dikutip dari Kamdora, Kamis (11/12/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Kulit

Kulit

Kesehatan kulit adalah indikator bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Sama seperti tubuh, kulit juga membutuhkan nutrisi, dan sirsak adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Beberapa manfaat daun sirsak adalah sebagai berikut:

1. Menyembuhkan gangguan kulit. Jika daun sirsak segar diusapkan ke kulit Anda, maka kulit yang mengalami gangguan akan lebih cepat sembuh. Diantara gangguan kulit yang bisa disembuhkan dengan daun sirsak adalah eksim dan kusta.

2. Melawan tanda penuaan. Mungkin ini yang paling penting: sirsak mengandung banyak asam karbonat dan vitamin C. Kedua zat ini meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan membantu mengurangi tanda penuaan seperti keriput.

3 dari 3 halaman

Untuk Rambut

Rambut

Selain berguna bagi kulit, daun sirsak juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Sebagaimana diketahui, rambut yang sehat berkilau membutuhkan pasokan nutrisi yang cukup. Sirsak dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengusir kutu. Mengoleskan daun sirsak pada kulit kepala dapat membantu menyingkirkan kutu kepala.

2. Mencegah kerontokan. Sirsak dapat membantu mencegah kerontokan rambut karena memiliki banyak kandungan vitamn C.

3. Mengurangi ketombe. Daun sirsak memiliki sifat anti-parasit. Jika tumbukan daun sirsak dibalurkan pada kulit kepala, maka ketombe secara cepat atau lambat akan berkurang.

Itu dia beberapa manfaat daun sirsak untuk kecantikan, atau khususnya untuk kesehatan kulit dan rambut. Jika rambut dan kulit sudah sehat, tentu saja Anda akan terlihat lebih cantik dengan sendirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini