Sukses

Tips Konsumsi Makanan Saat Liburan tanpa Khawatir Gemuk

Berikut adalah tips konsumsi makanan saat liburan agar berat badan tetap terjaga.

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang adalah masa yang rawan akan kenaikan berat badan. Bagaimana tidak, saat liburan, tidak ada hal lain yang dipikirkan selain bersenang-senang. Saat bersenang-senang ini lah kadang kita sering melupakan berat badan dengan makan seenaknya.

Berikut adalah tips konsumsi makanan saat liburan agar berat badan tetap terjaga seperti yang dilansir oleh Fox News, Rabu (10/12/2014).

1. Konsumsi makanan lezat ini

Konsumsilah sate ayam, sapi atau bakso daging ayam. Mengonsumsi makanan tersebut sehari sekali tidak akan membuat Anda gemuk karena kandungan protein di dalamnya masih pada batas wajar. Sebagaimana diketahui, makanan yang tinggi protein biasanya tinggi lemak dan dengan demikian dapat menyebabkan obesitas.

2. Konsumsi juga kalkun

Konsumsi kalkun juga tidak akan membuat kegemukan. Daging kalkun adalah salah satu contoh makanan enak yang rendah kalori dan lemak jenuh sehingga liburan Anda tetap menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih ubi

3. Pilih ubi, jangan kentang

Jika Anda diberi pilihan antara kentang atau ubi, maka pilihlah ubi untuk cemilan. Ubi lebih baik sebab tidak perlu mentega atau lemak topping untuk menikmatinya. Apalagi, ubi memiliki serat lebih banyak 2 kali lipat daripada kentang.

4. Jangan minum eggnog

Eggnog, atau minuman manis dari kuning telur yang dikocok dan ditambah air dan gula atau susu, memiliki kalori 350-450 per gelas. Jumlah kalori ini terlalu banyak. Untuk menggantinya, cobalah minum sari apel hangat atau secangkir kecil cokelat panas yang hanya memiliki 200 kalori tiap gelasnya.

5. Tetap makan sayur dan buah

Sayur dan buah-buahan kaya akan serat dan nutrisi yang mampu untuk memperkuat proses metabolisme. Untuk itu, jangan lupa konsumsi buah dan sayur meskipun sedang liburan.

Itulah beberapa tips konsumsi makanan saat liburan agar berat badan tidak naik. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.