Sukses

Terapi Stem Cell, Harapan bagi Diabetesi

Terapi stem cell pun bisa digunakan untuk melakukan perbaikan pada penyandang diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Terapi stem cell atau sel punca terus dikembangkan sebagai salah satu alternatif dalam mengobati aneka penyakit. Salah penyakit yang telah diberikan alternatif pengobatan dengan stem cell adalah diabaetes.

Menurut konsultan stem cell dr. Karina F. Moegni, SpBP-RE terapi stem cell bisa memberikan hasil baik diabetes I dan II. Perbedaan hanya pada cara kerja stem cell.

"Pada diabetes tipe I kerusakan pada pankreas sehingga tidak memproduksi insulin. Pada terapi kasus ini stem cell 'lari' membetulkan pankreas. Sedangkan, pada diabetes tipe II, pankreas tidak masalah namun otot-otot penangkap insulin yang tidak bekerja dengan baik. Disini stem cell bekerja mengaktifkan kembali resistor di otot," terang dokter Karina saat ditemui di  Warung Daun beberapa saat lalu ditulis pada Senin (8/12/2014)/

Seperti terapi untuk kasus lain, terapi stem cell pada diabetes hanya berlangsung satu hari atau one day procedur. Langkah pertama adalah pengambilan lemak yang hanya butuh waktu 30 menit. Kemudian processing stem cell atau memisahkan stem cell dari sel-sel yang tidak dibutuhkan sekitar 3 jam. Terakhir, memasukkan ke tubuh lewat infus. "Hal ini berlangsung selama satu hari, karena kalau tidak nanti stem cell mati," ungkap dokter yang berpraktek di Hayandra Clinic ini.

Dokter Karina pun menegaskan tidak pernah berjanji terapi stem cell bisa menyembukan diabetes. Hal ini disebabkan karena tidak diketahuinya alat yang mendeteksi berapat juta sel yang rusak, padahal memasukkan stem cell ada batasnya.

"Misalnya saat mengambil stem cell didapat 100 juta sel, kemudian beranak pinak enam kali lipat yang artinya 600 juta. Padahal kerusakan sel ada 60 milyar, ya berararti tidak sembuh. Namun, ada perbaikan," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengungkapkan bahwa terapi stem cell bisa dikatakan sebagai harapan bagian pasien. Meskipun tidak untuk sembuh namun ada perbaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini