Sukses

Wabah yang Bikin Pendek Umur Manusia Zaman Kini

Para peneliti telah mengingatkan agar kita mampu menjaga berat badan. Bila sampai obesitas, maka dapat perpendek usia hidup kita

Liputan6.com, London Berhati-hatilah bagi mereka yang hidup dengan kondisi obesitas. Ilmuwan telah mengingatkan bahwa orang dengan kondisi obesitas memiliki usia hidup delapan tahun lebih pendek, ketimbang mereka yang memiliki ukuran tubuh gemuk.

Dengan menggunakan aplikasi canggih untuk memprediksi jumlah orang yang hidup dengan obesitas, didapatkan hasil mereka pemilik skor indeks massa tubuh (BMI) sekitar 35 atau lebih, kehilangan usia sebanyak delapan tahun. Sedangkan pemilik BMI dengan skor 25 sampai 30, akan kehilangan usia sebanyak tiga tahun.

Profesor Steven Grover, Peneliti Utama dari McGill University di Montreal, Kanada, mengatakan,"Studi pemodelan menggunakan komputer yang kami lakukan menunjukkan bahwa obesitas berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes."

Memang benar bahwa penyakit jantung, stroke, dan diabetes yang kerap diidap oleh penyandang obesitas menjadi `malaikat pencabut nyawa` yang tak pernah mereka sadari.

Menurut Steven, obesitas memiliki pengaruh terhadap pemotongan usia hidup yang lebih pendek bagi kaum muda seiring dengan bertambahnya usia mereka. Melansir Daily Mail, Jumat (5/12/2014), hasil penelitian ini telah diterbitkan ke dalam the Lancet Diabetes & Endocrinology journal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini