Sukses

Waspada, Ini Mainan Anak Paling Sering Sebabkan Kecelakaan

Belikan mainan anak yang sesuai umurnya.

Liputan6.com, New York
Setiap orangtua pasti ingin membahagiakan sang buah hati, salah satunya dengan membelikan mainan. Tak hanya memperhatikan apa yang disukai, orangtua juga wajib memberikan mainan aman untuk anaknya. Salah memberikan mainan pada anak, yang ada malah mencelakakan sang buah hati.

Salah satu mainan yang harus diperhatikan oleh orangtua saat membeli adalah mainan bertenaga listrik yang bisa dinaiki sperti skuter. Berdasarkan data yang diperoleh dari Rumah Sakit Nationwide di Columbus tahun 2000-2011 lebih dari 580.000 cedera yang disebabkan karena skuter. Selain skuter, mainan yang beroda seperti sepeda roda tiga sebabkan kecelakaan pada anak-anak.

Anda para orangtua juga mesti waspada terhadap mainan ukuran kecil. Anak-anak kecil sangat berisiko untuk memasukkan mainan atau bagian dari mainan ke dalam mulut. Selama periode waktu yang sama, hampir 110.000 balita menelan mainan kecil sehingga harus dibawa ke UGD.

"Pastikan saat membeli memperhatikan batasan usia yang ditentukan oleh produsen. Perhatikan juga pedoman penggunaan mainan tersebut," terang pemimpin penelitian sekaligus direktur Center for Injury Research and Policy, Dr. Gary Smith seperti dikutip laman Good Housekeeping pada Kamis (4/12/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini