Sukses

Saat Flu, Tak Perlu Buru-buru Telan Obat

Flu yang disebabkan oleh virus itu akan mati setelah lima hingga tujuh hari. Ada juga virus flu yang hingga 14 hari

Liputan6.com, Jakarta Hidung meler, batuk, bersin, nyeri pipi, nyeri tenggorokan merupakan serangkaian gejala yang menandakan bahwa Anda terinfeksi flu. Tapi tenang, tak perlu langsung buru-buru menelan obat karena dapat sembuh dengan sendirinya.
 
"Flu yang disebabkan oleh virus itu akan mati setelah lima hingga tujuh hari. Ada juga virus flu yang hingga 14 hari," ungkap dokter Rusdian Utam Roeslani, SpTHT-KL dari Rumah Sakit Gandaria Jakarta di Restaurant Decanter pada Rabu (3/12/2014).
 
Ia menyarankan untuk tak langsung mengonsumsi obat hingga beberapa hari. Cukup diperbanyak istirahat dan makan-makanan bernutrisi untuk meningkatkan imun tubuh.
 
Lalu, warna ingus yang dihasilkan berubah dari bening ke kuning dan hijau lalu pada hari kelima kembali bening itu artinya tak ada masalah. Perubahan warna adalah mekanisme tubuh untuk melawan virus.
 
Namun, ketika kondisi warna ingus masih juga hijau pada hari kelima atau ketujuh flu, lalu badan makin hangat, batuk pun menjadi sudah saatnya mendatangi dokter. Hal tersebut menandakan adanya bakteri di dalam tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini